Disdukcapil Kabupaten Bekasi Luncurkan Kios Capil dan Mobil Pelayanan Keliling

Peristiwa431 Dilihat

BeTimes.id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi secara resmi meluncurkan layanan Kios Capil dan Mobil Pelayanan Keliling di Plaza Pemda, Cikarang Pusat, Kamis (24/1).

Layanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Disdukcapil ini, sebagai upaya  memudahkan masyarakat dalam urusan surat-surat penting. Karena petugas dengan peralatannya datang ke lokasi yang sudah ditentukan dan masyarakat tinggal datang ke tempat yang ditentukan. Sehingga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil di perkantiran Pemkab Bekasi.

Sebanyak 3 unit mobil pelayanan keliling dan 7 kendaraan kios catatan sipil diresmikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Hudaya didampingi  pejabat struktural di lingkup Disdukcapil setempat.

Pada kesempatan itu, Hudaya mengatakan, seluruh pelayanan di bidang catatan sipil dapat dirasakan  melalui Mobil Keliling dan Kios Capil ini di antaranya, Akta Kelahiran, Akta Kematian (tidak lebih dari 1 tahun), Akta Perkawinan, dan Akta Perceraian.

“Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini, karena petugas dengan peralatannya yang mendatangi masyarakat. Dan secara bertahap dilakukan secara berpindah-pindah untuk menjangkau warga yang mungkin tidak sempat ke kantor Kecamatan atau ke Pemkab Bekasi. Dan seluruh pelayanan di bidang catatan sipil bisa dilakukan,” kata Hudaya.

Mantan Kepala Dinas Kominfo ini menambahkan, ada 3 unit mobil keliling yang siap mendatangi masyarakat yang akan mengurus  dokumen pencatatan sipil ke Desa-Desa dan 7 kendaraan Kios Catatan Sipil  melayani di  23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi.

“Jemput bola dengan  3 unit pelayanan mobil keliling ini dan  7 kendaraan motor yang disebut Kios Capil yang   akan keliling dan siap melayani,” kata mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ini.

Mantan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja ini berharap, selain memberikan kemudahan, masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkannya  untuk mendukung program pemerintah agar semua masyarakat dapat memiliki catatan kependudukan yang lengkap dan valid. (hem)

Komentar