Dalam Memberikan Keadilan PN Jakarta Utara Kerjasama Dengan Posbakum

Hukum486 Dilihat

BeTimes.id — Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN-Jakut) lakukan kerjasama dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia.

Kerjasama ini ialah bagian dari implementasi program pemerintah serta amanat Perma nomor 1 tahun 2014 dalam memberikan akses keadilan (acees of justice) bagi masyarakat yang tidak mampu beracara di pengadilan.

Hal ini dikatakan Ketua PN Jakut, H. Amien Ismanto, SH, MH dalam sambutannya, Jumat (31/1/2020).

Ia juga berharap ada relasi positif antara Posbakum dengan pengadilan dalam satu visi yang sama.

Yang mana lanjutnya, dapat memberikan keadilan kepada masyarakat melalui proses beracara yang transparan, adil dan akuntabel, sesuai tupoksi masing-masing.

Kemudian kata dia, dalam rangka pelaksanaan e-Litigation (e-Court) dalam beracara tentu akan terdapat kendala-kendala, misalnya kendala tekhnologi informasi yang digunakan.

Akan tetapi, masih katanya, kendala tersebut tidak boleh menyebabkan hak utama para pihak yang diwakili para kuasa hukum (para advokat) menjadi hilang/terabaikan.

“Kita harus membangun komunikasi dua arah atau koordinasi yang baik antara para pihak dengan majelis hakim,” tegasnya.

Sementara itu, Ali Syarifuddin, SH.MH, Ketua Posbakumadin Jakarta Utara menyatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini adalah sebagai wujud pengakuan eksistensi Posbakumadin sejak berdirinya empat tahun yang lalu.

“Syarat untuk bisa melaksanakan layanan hukum di Posbakum pengadilan diantaranya adalah sudah terakreditasi. Harapan kita kedepan dengan kerjasama ini akan semakin memberikan akses keadilan dan pelayanan hukum kepada masyarakat tidak mampu,” jelasnya. (tgm)

Komentar