GAMKI Mengapresiasi Presiden Jokowi Atas Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim

Uncategorized277 Dilihat

BeTimes.id – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) mengapresiasi pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Karena pemindahan itu sebagai lompatan baru, seharusnya didukung seluruh elemen komponen anak bangsa.

“Soal pemindahan Ibukota Negara, kami sangat mengapresiasi keberanian Presiden Jokowi. Meskipun menuai banyak pro dan kontra, terutama menabrak romantisme pulau Jawa sebagai pusat peradaban Indonesia di masa lalu. Hal ini menunjukkan visi Indonesia Sentris, dan merupakan lompatan baru sebagai rumah bersama bangsa Nusantara,” kata Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik, Jakarta, Senin (10/2).

Wandik mengatakan,  Kalimantan Timur juga merupakan wilayah adat dari Suku Dayak, yang masih hidup mempertahankan tradisi nenek moyang, dan sebagian besar kegiatan pelayanan Gereja juga banyak memberdayakan masyarakat adat Suku Dayak.

“Sebagai DPP GAMKI, kami menghimbau kepada umat gereja di Kalimantan Timur, untuk mendukung Nawacita Presiden Jokowi, menjadikan wilayah adat Suku Dayak sebagai rumah baru, ibu kota pemerintahan masyarakat Nusantara, yang majemuk, inklusif (terbuka), toleran, dan mempertahankan kelestarian ekosistem Hutan Kalimantan sebagai paru-paru dunia,” ujar Wandik.

Dikatakan,  setelah GAMKI menggelar Rakernas di Surabaya, Jawa Timur  tanggal 31 Januari sampai 2 Februari lalu yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Wakil Dubes Palestina Taher Ibrahim Abdallah Hamad, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar,  Anggota DPD RI Angelius Wake Kako, dan Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono. , akan dapat merekomendasikan sejumlah isu nasional yang telah dihasilkan  ke Presiden Joko Widodo. (Ral)

Komentar