Praeses Banner Pdt.Banner Siburian.MTh Resmikan Persiapan Ressort HKBP Jati Murni

Uncategorized1066 Dilihat

BeTimes.id-Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi Pdt.Banner Siburian.MTh meresmikan Persiapan Resort HKBP Jati Murni setelah beberapa tahun menjadi jemaat Cabang HKBP Resort Jatiasih. Persemian diawali dengan kebaktian dengan liturgis Pdt.Kristopurus Nababan.STh, Minggu (16/2).

Ibadah peresmian cukup semarak, dengan lantunan pujian dari PS Mannen Koor Solideo HKBP Jati Asih, Koor Ama Exaudi, Koor Ama Huria dan Paduan Suara Gabunan Ekklesia HKBP Jati Murni.
HKBP Jati Murni memiliki jemaat 169 Kepala Keluarga (KK) dan dilayani 19 orang penatua dan pimpinan jemaat Pdt.Donald Fery Pasaribu.MTh. Gereja ini yang berlokasi di Kampung Sawah, sebuah wilayah dengan ikon toleransi antar umat beragama yang hidup dengan rukun, damai dan saling menghormati. Dengan peresmian ini, maka di Distrik XIX Bekasi menjadi 20 HKBP Resort dan 1 Persiapan Resort.

Pdt.Banner Siburian.MTh dalam kotbahkan menekankan bahwa memelihara perintah atau Taurat Allah dengan benar, merupakan tolok ukur hidup orang beriman. Manusia hidup bukan untuk taurat dan adat-istiadat buatan manusia. Sebaliknya, Taurat adalah untuk manusia dengan pola hidup dengan benar. bukan membenarkan kebiasaan, apalagi mengerangkeng hidup, terutama kebiasaan yang tidak sepadan dengan kehendak Allah.

Di sisi lain, kebiasaan dan adat istiadat yang baik, apalagi berpadanan dengan firman Allah, tidak serta merta langsung dimusuhi. Yesus sendiri, katanya tidak datang untuk memusuhi, apalagi menghancurkan taurat yang ada, bahkan sebaliknya, Dia datang justru menggenapinya. Pada akhirnya, semua harus kembali kepada hati yang murni. Melakukan kehendak Tuhan, bukanlah terutama ditunjukkan dengan tindakan lahiriah, tetapi harus menyatu dengan hati nurani manusia yang terdalam, sehingga Firman ini “terbentuk dan menyatu dengan tindakan keseharian manusia”.

Seusai khotbah peresmian Persiapan Resort HKBP Jati Murni, Praeses Pdt.Banner Siburian.MTh melalui sebuah Surat Ketetapan yang diterbitkan Praeses, diikuti dengan pelantikan Pendeta Persiapan Ressort Jati Murni, Pdt Donald Fery Pasaribu.MTh. Tentu, setelah segenap Majelis, Panitia Persiapan Ressort dipimpin oleh pimpinan jemaat berjanji, bahwa mereka bersama segenap warga jemaat akan taat kepada Firman Allah, sebagaimana tertulis dalam Alkitab, sekaligus dalam hidup bergereja, akan tunduk dan senantiasa memperdomani Aturan dan Peraturan HKBP.

Pada kesempatan itu, mewakili segenap Majelis dan warga jemaat, St.Thompson Simanjuntak, St.Gabarius Simbolon mewakili Majelis Ressort Jati Asih sekaligus memberikan bantuan secara simbolis untuk persiapan Ressort ini, St.K.Sijabat SE mewakili Majelis Pekerja Sinode Distrik. Hadir dalam ibadah ini, Pdt Herlina Siregar STh, Pdt L Saragih STh, Pdt Manuarang Hutabarat STh dan sejumlah undangan lainnya.

Sementara itu, dalam bimbingan dan pengarahannya, Pdt Banner Siburian mengingatkan agar masa persiapan Resort ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh segenap Majelis dan panitia untuk melengkapi hal-hal yang masih harus dibenahi. Tujuan pokok, menaikkan status gereja menjadi Persiapan Ressort, untuk memantapkan dan mengembangkan persekutuan yang semakin selaras dan bermutu, termasuk dalam muatan kesaksian dan pelayanan, serta semakin mandiri dalam mengurus diri sendiri berdasarkan Alkitab dan prangkat-perangkat yang dimiliki gereja HKBP.

Praeses Banner Siburian berharap, agar segenap warga jemaat dan Majelis bersama panitia, secara kompak menata gereja yang berdiri di atas lahan 1000 meter persegi ini, dengan saling berlomba memberi yang terbaik. Praeses Banner juga mengungkapkan kerinduannya, ke depan, bila Persiapan Ressort yang baru ini akan menjadi wajah HKBP di Kampung Sawah, sebuah gereja yang tampan, dengan lahan yang terbuka lebar hingga ke jalan raya Kampung Sawah. Meski ini mimpi, ungkap Praeses, namun bila semua bekerjasama, ingatlah, tidak ada yang mustahil bagi Allah, seru Praeses, yang disambut dengan tepuk riuh segenap warga jemaat.

Ia mengucapkan selamat untuk Persiapan Ressort Jati Murni, dan diharapkan mutu persekutuan yang semakin kualitatif, mutu hidup bersaksi semakin bergeliat dan hidup pelayanan gereja semakin dapat dirasakan segenap warga jemaat, maupun warga masyarakat di sekitar. (hem)

Komentar