Edy Mulyadi Dilaporkan Pemuda Lintas Agama Kaltim ke Polresta Samarinda

Hukum801 Dilihat

BeTimes.id-Pemuda Lintas Agama dan Kalimantan Timur menyambangi Polresta Samarinda Kalimantan Timur untuk mengadukan penghinaan yang diduga dilakukan Edy Mulyadi melalui kanal YouTubenya.

Edy Mulyadi, yang menjadi calon legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2019

Perwakilan dari Pemuda Lintas Agama Kalimantan Timur Daniel A Sihotang
telah membuat surat pengaduan yang ditujukan kepada Kapolresta Samarinda

“Kami telah mendatangi Polresta Samarinda, membuat surat pengaduan dan kronologi, dan Edy Mulyadi sebagai terlapor” kata Daniel A Sihotang, Minggu (23/1)

“Saya juga sudah di BAP untuk dimintai keterangan oleh penyidik terkait laporan yang kami sampaikan”, tambahnya.

Pemuda Lintas Agama dan berasal dari GP Ansor, GAMKI, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, Pemuda Hindu di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Daniel, video Edy Mulyadi itu yang menyebut lokasi ibu kota negara baru sebagai “tempat jin buang anak” “genderuwo, kuntilanak” dan ada yang menyebut “monyet” sebagai dugaan berita bohong dan dugaan penghinaan terhadap masyarakat Kalimantan.

“Dugaan berita bohong dan menimbulkan kebencian dan permusuhan individu dan/kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA” jelas Daniel.

Pemuda Lintas Agama dan Kalimantan Timur mengingatkan bahwa tindakan Edy Mulyadi bisa dianggap tindakan pidana yang ada ancamannya.

“Pasal 14 ayat 1 dan 2 atau Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45a UU ITE serta Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis,”ujar Daniel. (Ralian)

Komentar