PCPI Usulkan Bentuk Lemhanas Kristen

Peristiwa, Politik479 Dilihat

Ketua Umum Persatuan Cendikiawan Protestan Indonesia (PCPI) Pdt, Dr Jerry Rumahlatu (Foto:Ral)

BeTimes.id-Gereja harus mendukung gerakan milineal untuk maju di pentas nasional, sehingga dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Karenanya, dibutuhkan dukungan para generasi tua bagi para generasi milineal untuk tampil membenahi Indonesia lebih baik lagi.

Ketua Umum Persatuan Cendikiawan Protestan Indonesia (PCPI) Pdt.Dr Jerry Rumahlatu mengkiritsi politisi Kristen yang duduk menjabat anggota DPR dan DPRD, namun tidak berbuat apa-apa. Bahkan lupa membela masyarakat yang terpinggirkan.  Padahal peran warga gereja adalah membawa damai sejahterah Allah di tengah-tengah dunia.

“Bangga duduk di Senayan (Anggota DPR-red), tetapi lupa akan gerakan dan pembelaan terhadap masyarakat marjinal,”ujar Jerry, di Graha Bethel Indonesia, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Theologia (STT) Jaffray itu mengusulkan adanya sekolah Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Kristen untuk memberdayakan warga gereja agar tidak anti politik tetapi memahami politik dengan baik.

Jerry juga meyarankan agar pendeta tidak tabu akan politik, namun jangan menjadikan politik praktis. “Pendeta perlu tahu politik, tapi jangan berpolitik,”ucap Jerry.

Dia mengatakan, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) agar tetap mengadakan lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang) sehingga dapat memberikan informasi positif bagi warga gereja tentang situasi internal dan eksternal di dalam gereja.

“Dulu di zaman pendeta Solarso Sopater ada Litbang. Sayangnya setelah era pak Larso (Pdt. Solarso Sopater) ditiadakan. Padahal itu sangat penting,”ujar Jerry. (RAL)

Komentar