Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja Resmikan Gercep

Bisnis524 Dilihat

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meresmikan Gercep SGC. (foto:hem)

 

BeTimes.id-Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mendorong semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi membuat inovasi untuk meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat seperti Gercep.

Hal itu diungkapkan Bupati ketika meresmikan Gerai Cepat (Gercep) layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Lantai 2 pusat perbelanjaan Sentra Grosir Cikarang (SGC), Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (30/10).

Semua SKPD harus mampu mengantisipasi berbagai tuntutan masyarakat. Sehingga harus berusaha memberikan pelayanan terbaik. Maka, semua SKPD harus membuat inovasi-inovasi menjawab tantangan yang ada.

Gercep ini, melayani administrasi kependudukan seperti perekaman dan pembuatan KTP elektronik, surat keterangan, akta kelahiran dan kematian serta Kartu Identitas Anak (KIA). Ini salah satu upaya mengurai membludaknya masyarakat yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcpil) di Pusat Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat.

Inovasi seperti ini harus menjadi contoh bagi SKPD yang lain. “Silahkan SKPD membuat inovasi, demi pelayanan terbaik. Saya akan dorong agar pimpinan SKPD mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Eka.

Diakui, dengan Gercep ini, pasti mengurai  membludaknya masyarakat ke  Disdukcapil. Karena, layanan di kantor Disdukcapil, juga bisa dituntaskan di Gercep SGC. Masyarakat juga bisa sambil berbelanja menunggu proses pengurusan berbagai surat-surat penting.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja (hem)

Bupati juga mengapresiasi kesediaan  manajemen SGC memberikan tempat dan peralatan termasuk AC. Ia juga berharap Pusat perbelanjaan yang lain, bisa mengikutinya melalui kerjasama dengan Pemda Kabupaten Bekasi.

Ditambahkan, pembukaan gerai cepat Disdukcapil ini sesuai dengan slogan Bekasi Baru Bekasi Bersih yakni semangat baru untuk membangun Kabupaten Bekasi melalui inovasi. Maka, tidak peru lagi berbondong-bondong ke Kantor Disdukcapil,  tapi ada di SGC.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Hudaya menegaskan, kehadiran pelayanan di SGC ini, berkat kerjasama dengan pengelola pusat perbelanjaan ini. Pemda Kabupaten Bekasi sama sekali tidak mengeluarkan anggaran untuk menyewa kantor, bahkan semua peralatan berupa kursi, meja dan alat pendingin disediakan SGC. “Kami hanya membawa peralatan dan melayani masyarakat.Sedangkan pengelola SGC hanya meminta supaya pelayanan berjalan sampai hari Sabtu,” katanya.

Dalam uji coba selama sebulan, Gercep mendapat apresiasi masyarakat. Bahkan, setiap hari cukup banyak warga yang mengurus surat penting di SGC. “Tujuan kami untuk memperluas jangkauan dan mempermudah akses pelayanan administrasi kependudukan. Ternyata, Gercep disambut gembira masyarakat,” katanya.

Mantan Kepala Satpol PP ini mengatakan, seharusnya para pegawai hari Sabtu harus libur, namun demi pelayanan kepada masyarakat, tidak ada masalah. “Petugas melayani dengan senang hati. Bahkan, biasanya kantor sampai pukul 16.00, namun di SGC tak jarang hingga lewat pukul 17.00 WIB, karena belum tuntas antriannya,” katanya. Pelayanan hari Sabtu, diharapkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang bekerja dari Senin sampai Jumat, katanya. (hem)

 

Komentar