Pemkab Bekasi dan PMI Semprotkan Disinfektan Ke Ruang Publik

Peristiwa682 Dilihat

BeTimes.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, dan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan cairan desinfektan di ruang-ruang publik. Ini salah satu  upaya menghadapi pencegahan penularan Covid-19.

Amin Abdul Rokhim, Petugas Posko PMI Kabupaten Bekasi mengatakan, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan sebagai  langkah mencegah penularan Covid-19 di daerah ini.

“Penyemprotan desinfektan guna mencegah penularan virus corona yang sedang ramai,” ucapnya.

Penyemprotan ini dapat dikatakan efektif bila masyarakat juga ikut membantu menjaga kebersihannya secara berkala dan mandiri.

“Tim PMI akan melakukan penyemprotan desinfektan satu kali, namun harus tetap dimonitoring masyarakat secara mandiri, yaitu dengan menjaga kebersihannya sendiri,” jelasnya.

Saat ini, PMI Kabupaten Bekasi fokus melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, seperti fasilitas Ibadah, Sekolah, Kesehatan, maupun gedung pemerintahan.

“Tapi jika ada fasilitas umum yang belum dilakukan penyemrotan desinfektan, dapat menghubungi PMI Kabupaten Bekasi dengan mengirimkan surat permohonan,” ucap Amin.

Surat permohonan dapat dikirimkan langsung ke kantor PMI Kabupaten Bekasi yang berada di Jl. Teuku Umar, No.49 Cibitung, ataupun melalui email ke pmi_kab.bekasi@yahoo.com .

Amin juga menghimbau  masyarakat agar  meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.

“Rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Jika terpaksa tidak ada air mengalir bisa diganti dengan handsanitizer yang mengandung antiseptik,” ujarnya.

Dikatakan, saat yang tepat untuk mencuci tangan ialah ketika tangan terlihat kotor, sebelum dan sesudah makan, setelah buang air besar dan kecil, setelah batuk atau bersin, ebelum, saat dan setelah mempersiapkan makanan, saat merawat orang yang sakit dan setelah memegang hewan atau membersihkan kotoran hewan.

Masyarakat diminta untuk rutin membersihkan benda-benda yang rentan dihinggapi virus seperti  gagang pintu, maupun pagar rumah.

“Kita nggak pernah tau penularan virusnya, jadi lebih baik kita mengantisipasi saja dengan menjaga kebersihan rutin,” katanya.

Dikutip dari instagram PMI Kabupaten Bekasi @pmikabbekasi membagikan cara dan takaran membuat desinfektan sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. (hem)

Komentar