RSUD Cabangbungin, Kabupaten Bekasi Dipersiapkan Tangani Pasien Covid-19

Hukum409 Dilihat

BeTimes.id-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin, Kabupaten Bekasi dipersiapkan untuk menangani pasien Covid-19, dengan menyediakan 37 Bed di dua lantai. Dalam dua minggu ke depan, diharapkan segala kebutuhannya sudah bisa terpenuhi.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi dr.Alamsyah  kepada Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Pemkab Bekasi saat ini  tengah melakukan rehabilitasi di sejumlah ruangan  agar dapat dipergunakan menangani Pasien Covid-19. “Ada 37 Bed di dua lantai, khusus  menangani ODP dan PDP”, kata dr Alamsyah.

Ditargetkan,  dalam waktu 14 hari ke depan terhitung mulai  Minggu (29/3), RSUD Cabangbungin sudah dapat difungsikan  dalam penanganan  Covid-19. Tengah dipersiapkan sarana dan prasarana serta  Tenaga Medis untuk memenuhi kebutuhan penangangan  Covid-19. “Rencana kebutuhan mulai dari sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung rumah sakit serta ketersediaan Tenaga Medis seperti Dokter dan Perawat, tengah disusun dan diharapkan  dalam 2 minggu ke depan  sudah bisa dipenuhi,” kata Alamsyah.

Sementara itu, Direktur RSUD Cabangbungin dr. Markenley mengatakan,  pihaknya  siap jika  Pemkab Bekasi  akan memfungsikan RS yang dipimpnnya untuk menangani Pasien Covid-19. Tetapi,  ia berharap segala sarana prasarana yang dibutuhkan dapat segera dipenuhi untuk menunjang  penanganan pasien Covid-19. 

Dikatakan, salah satu aspek yang  dibutuhkan adalah dukungan dari tenaga Medis, seperti Dokter dan Perawat. Sebab, sekarang ini RSUD Cabangbungin baru memiliki sekitar 20 orang Perawat dengan dokter umum dan dokter spesialis.

“Setidaknya  dibutuhkan 75 Orang Perawat dan penambahan sejumlah dokter umum dan dokter spesialis yang didukung  dengan Alat Pelindung Diri yang tercukupi,” ucapnya.

Pemkab Bekasi saat ini,  bekerjasama dengan beberapa Rumah Sakit baik RSUD Cibitung maupun beberapa RS Swasta untuk menangani  pasien Covid-19 dan  ada sejumlah 61 Ruang Isolasi yang disiapkan untuk penanganan virus yang mengguncang dunia ini. (hem)

 

Komentar