PCR Milik Kabupaten Bekasi, Mampu Deteksi Covid-19 dalam Tiga Jam

Uncategorized323 Dilihat

BeTimes.id-Polymerace Chain Reaction (PCR) alat yang mampu mendeteksi  virus Covid-19  pada manusia dalam 3 jam untuk mengetahui seseorang positif atau negatif Covid 19. Sehingga, alat ini sangat dibutuhkan untuk akurasi hasil pemeriksaan.

Di tengah mewabahkan pandemic Covid-19, alat ini sangat di butuhkan mendeteksi apakah seseorang terpapar virus Corona atau tidak. Dan untuk daerah seluas Kabupaten Bekasi dengan jumlah penduduk sekitar 3 jutaan, baru memiliki satu alat PCR di Labs UPTD Kesehatan Kab Bekasi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Enny, alat PCR  untuk pemeriksaan sars Covid 19 masih baru, dan sangat layak untuk digunakan. “Sejauh ini sudah sekitar 600 orang yang diperiksa dengan alat PCR  dan sudah dilaporkan ke Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Litbangkes,” kata Sri Enny.

Sementara itu, Kepala UPTD Lab Kesehatan Daerah Kabupaten Bekasi Agus Sarin mengatakan kepada media, Jumat (8/5) bahwa alat PCR ini hanya satu-satunya yang ada di daerah ini. “Banyak Rumah Sakit besar saja tidak memiliki alat ini,  PCR ini termasuk yang terbaik pada level 3, dan canggih,” katanya.

Alat PCR ini, dapat secara runing selama 3 jam  memeriksa secara akurat hasil test Covid 19, sebanyak 8 sampel, dan sehari dapat runing selama 4 kali. Sehingga jika dijumlahkan, dalam satu hari dapat melayani test sebanyak 32 sampel, dan rencana runing hingga lima kali. “Ini alat PCR yang termasuk canggih, dan dapat memeriksa secara akurat hanya dalam waktu 3 jam,” ujar Agus.

Ditambahkan, bahwa mengingat epidemi yang belum reda, dan jumlah alat PCR hanya satu dengan personil yang sangat terbatas, ada baiknya penambahan alat PCR dan personil, agar waktu pengetesan bisa lebih banyak lagi. (adv/hem)

Komentar