Pemkot Bekasi Beserta Muspida Membahas Strategi Tahapan New Normal

Peristiwa2166 Dilihat

BeTimes.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi beserta Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat, membahas strategi tahapan new normal yang akan diterapkan di Bumi Patriot, Sabtu (30/5).

Dalam pembahasan tersebut, Pemkot Bekasi besar Muspida menyepakati beberapa fase hidup baru masyarakat produktif, yaitu.

Fase pertama, 1 sampai 7 Juni 2020 untuk membangun ketaatan protokol kesehatan yang menjadi output kesadaran masyarakat.

Berikutnya, akan dilakukan tahapan monitoring dan evaluasi untuk melakukan pengujian efektivitas diantara faktor indikator yang disebutkan pada tahapan pra fase normal.

Fase ke-dua, 8 sampai 14 Juni 2020 untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan melakukan penguatan jaringan pengamanan sosial untuk meredakan konflik sosial dan ekonomi dan juga membangun aktivitas perekonomian.

Fase ke-tiga, 15 sampai 30 Juni 2020 untuk melakukan perubahan struktur sosial dan ekonomi dengan mempertajam normalisasi sektor di bidang kesehatan, dunia usaha dan jasa, perdagangan, pendidikan, pariwisata, serta transportasi dengan penerapan sistem aktivitas baru dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Didalam fase pertama, merupakan perencanaan yang akan melakukan identifikasi terhadap indikator physical distancing dan sosial distancing pada masing masing sektor.

Tahapan uji coba ini akan di identifikasi melalui instrument self asessesment dan safety plan, juga pengamatan kondisi di lapangan, dan lakukan evaluasi hasilnya untuk menindaklanjuti hasil tersebut.

Tahapan ini nantinya akan selalu di monitoring dan evaluasi. Dan PSBB adalah indikator tahapan new normal. (Adv/Hum)

Komentar