Bupati Bekasi Ambil Langkah Normalisasi Sungai Ciherang, Menggandeng BJB dan PDAM

Peristiwa251 Dilihat

Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja saat meninjau persiapan normalisasi Sungai Ciherang di Kp Kranding Desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya.

BeTimes.id- Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengambil langkah memanfaatkan dana CSR dari Bank BJB dan PDAM Tirta Bhagasasi, untuk menormalisasi Sungai Ciherang sepanjang 4 kilometer yang melintasi Kampung Kranding.

Ini sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat di Kampung Kranding, Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya yang setiap tahun terendam banjir akibat luapan Sungai Ciherang.
“Kita secepatnya akan turunkan alat berat untuk normalisasi sungai dengan mengeruk struktur tanah yang sudah mengalami abrasi dan membangun tanggul, supaya ketika Ciherang meluap, kampung ini tidak terkena banjir,” kata Bupati, ketika berkunjung ke Kampung Kranding, Jumat (04/06) pagi.

Camat Sukakarya Rusdi Azis menyambut baik langkah Bupati Bekasi tersebut. Karena normalisasi Sungai Ciherang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi bencana banjir di wilayahnya.

“Masyarakat di sini tentu menyambut baik langkah Pak Bupati. Karena Sungai Ciherang yang melewati Kampung Kranding ini memang tidak ada tanggulnya. Sehingga, pengerukan sungai dan pembuatan tanggul diharapkan terhindar dari banjir saat musim hujan,” ujarnya.

Dikatakan, ada sekitar 800 kepala keluarga yang terdampak banjir di Kampung Kranding yang hampir setiap tahun terkena banjir. “Bahkan pada musim banjir kemarin, ketinggian air mencapai lebih dari satu meter,” ujarnya.

Selain normalisasi sungai, Bupati Eka juga mengatakan, akan memperbaiki sekolah yang sering terkena banjir Sungai Ciherang, dimana kondisi lapangan sekolah masih tanah liat, jika luapan air terjadi lapangan tidak bisa digunakan karena becek. (adv)

Komentar