Kadis Pariwisata Encep S Jaya: Pokdarwis Jadi Ujung Tombak Pariwisata di Kabupaten Bekasi

Bisnis503 Dilihat

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Encep S Jaya. (foto hem)

BeTimes.id- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Encep S Jaya berharap seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi dengan pemangku kepentingan. Secara khusus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mampu menjadi ujung tombak pengembangan pariwisata di daerah industri terbesar di Asia Tenggara ini.

Mantan Kepala Bagian Humas Pemkab Bekasi ini menegaskan agar Pokdarwis yang telah terbentuk, agar berkontribusi demi kemajuan Pariwisata. Apalagi, daerah ini cukup pontensial, karena selain sebagai daerah industri terbesar di Asia tenggara, juga sebagai lumbung padi Jawa Barat dengan sejumlah objek wisata yang cukup menjanjikan. Bahkan, masih banyak objek wisata yang bisa dikembangkan.

Makanya, semua Pokdarwis diharapakan dapat bersinergi dan bermitra dengan Pemerintah Daerah, sehingga secara bersama-sama memajukan pariwisata di Kabupaten Bekasi. Tunjukkan eksistensi wisata kita, harus ada produk wisata yang punya nilai jual di luar,” ujarnya.
Pihaknya terus mendorong agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa aktif dan mampu menjadi ujung tombak pengembangan pariwisata di daerahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) Peningkatan Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Rosidin mengatakan hingga saat ini, sudah terbentuk beberapa Pokdarwis yang perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak agar semakin berkembang.
“Sudah terbentuk sebanya 14 Pokdarwis di Kabupaten Bekasi,” kata Rosidin, Jumat (18/06).

Pokdarwis di sejumlah tempat itu, sudah mulai bergerak mengelola potensi wisata yang dimiliki di daerahnya, seperti Pokdarwis Gedung Juang, Kawung Tilu, Alif Bata, Rawa Binong, Situ Abidin, Cibereum serta Citra Alam Bahari, Pesisir Pal Jaya, Taman Pelangi, Taman Bunga Matahari, Bungin Bakti Jaya, Pesona Wanajaya Cibitung serta Sembilangan Bahari Tarumajaya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan terus berupaya untuk memberikan pembinaan kepada Pokdarwis agar semua tempat wisata di daerah ini semakin lebih baik. Sebab, pengembangan wisata di setiap daerah harus tetap dengan peran serta kesadaran masyarakat dan pemuda,” ujarnya. (hem)

Komentar