Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Bersihkan Sampah di Kali Bancong

Peristiwa636 Dilihat

BeTimes.id- Kodim 0509/Kabupaten Bekasi melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di pintu air Kali Bancong, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Kamis (17/03).

Tumpukan sampah itu, menghambat laju aliran air Kali Bancong, Dengan melibatkan 56 orang, pintu air itu dibersihkan hingga aliran air berjalan dengan lancer.

Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf M. Horison Ramadhan menjelaskan, tumpukan sampah di pintu air itu harus diangkat karena bisa menjadi penyebab tersumbatnya aliran air di kali tersebut.

“Iya, hari ini kami melakukan karya bakti dengan membersihkan sampah-sampah yang tersangkut di sekitaran pintu air Kali Bancong di Kecamatan Sukatani,” ucap Letkol Inf M. Horison.

Horison menerangkan, sebanyak 56 orang terlibat dalam giat karya bakti tersebut, bahu-membahu antara personel TNI dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup, para penggiat lingkungan serta masyarakat. Kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar meski harus dilakukan secara manual.
“Antusias dari masyarakat juga cukup tinggi, serta dibantu oleh pihak-pihak lainnya. Mereka sadar bahwa ini memang perlu dilakukan agar laju aliran air kali kembali lancar, dan kali terlihat bersih serta mengantisipasi bencana banjir akibat aliran airnya tidak lancar,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, sedikitnya puluhan kantong sampah besar berisi sampah-sampah rumah tangga dari kali tersebut berhasil diangkat sehingga kali terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Lebih lanjut, dirinya juga terus melakukan imbauan dan edukasi kepada masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap lingkungan mengingat di beberapa daerah bencana banjir masih saja terjadi. Ia mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi agar tidak melakukan tindakan membuang sampah ke aliran sungai atau kali.

“Sudah saatnya masyarakat juga mengambil andil dalam mengatasi bencana banjir dengan melakukan pengendalian terhadap sampah-sampah yang menumpuk dan akhirnya menyumbat aliran air Kali Bancong ini,” ujarnya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go.id.
Turut hadir, Danramil 10/Sukatani, Dansub Sektor 20 Citarum Harum, Dinas LH dan Kebersihan Sukatani, Babinsa Desa Sukamanah, Babinsa Koramil 10/Sukatani, Tim Citarum Harum Sektor 20.(***)

Komentar