Camat Karnadi : Meubeler dan Tanaman Hias Jadi UMKM Unggulan  Karangbahagia

Bisnis646 Dilihat

Camat Karangbahagia, Karnadi

BeTimes.id- Usaha meubleler dan tanaman hias merupakan  unggulan bidang  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi yang harus mendapatkan pembinaan serius karena akan banyak menyerap tenaga.

Camat Karangbahagia, Karnadi mengatakan usaha meubeler  banyak di Desa Karangbahagia dan usaha tanaman hias di Desa Karangsatu.  “Para  pelaku UMKM sebagai penyangga ekonomi kerakyatan, diharapkan mendapat pembinaan yang serius, sehingga bisa terus berkembang.

Sekitar 70 pengusaha meubeler di Desa Karangbahagia  saja, mampu menyerap sekitar 230 tenaga kerja yang pendidikannya rata-rata SMP ke bawah.  Dan per harinya, peperja penghasilannya Rp.75.000. Walau masih di bawah standar, namun cukup membantu masyarakat sekitar. 

Dikatakan, pihaknya  tengah mendata pelaku UMKM di setiap desa untuk menindaklanjuti surat edaran Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi.Dan, sekalipun  di wilayahnya sudah ada Forum UMKM, tapi pendataan tersebut  penting agar mendapatkan data yang valid di setiap desa. 

Pendataan ini penting agar  jumlah pelaku UMKM di Kecamatan Karangbahagia, valid. Sehingga ke depan  pembinaan  bisa dilakukan hingga berkembang berkembang,” katanya,  Rabu (14/09). 

Dikatakan,  pendataan UMKM meliputi jenis usaha, produk, jumlah tenaga kerja, termasuk dari aspek permodalan. Ke depan, akan mendorong agar kesejahteraan mereka ditingkatkan. Salah satunya, bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan agar ada jaminan keselamatan kerja untuk mereka, ucapnya. 

Karnadi mengusulkan kepada pemerintah daerah, untuk membantu  agar  mendapatkan subsidi bagi  para pekerja di sektor UMKM untuk, sehingga menambah kesejahteraannya. 

Pemerintah bisa mendapatkan subsidi sebesar Rp.25.000, sehingga ada tambahan bagi pekerja “Misalkan pendapatan mereka per hari Rp 75 ribu, dengan  subsidi Rp 25 ribu per hari,” katanya. (***) 

Komentar