5 Hidden Gem Tempat Baca di Jakarta yang Cocok untuk Dikunjungi Saat Liburan

Umum850 Dilihat

Tinggalkan Komentar / Info dan Tips / Oleh Clarissa

Tidak sedikit masyarakat yang memandang perpustakaan dan taman baca sebagai tempat yang kaku dan hanya cocok dikunjungi para kutu buku. Oleh karena itu, tidak banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan dan taman baca. 

Memang, fungsi utama dari kedua tempat ini yaitu sebagai tempat belajar. Namun, tidak hanya sebatas itu loh! Perpustakaan dan taman baca ternyata memiliki banyak fungsi lainnya, diantaranya yaitu fungsi sosial untuk bersosialisasi antar pengunjung dalam memperoleh informasi dan fungsi pelestarian untuk melestarikan sumber-sumber ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi.

Hanya itu aja?

Eits, masih ada lagi! Ada beberapa perpustakaan dan taman baca yang bahkan buka di hari libur. Maka dari itu, kamu juga bisa loh menjadikan kedua tempat ini sebagai referensi tempat rekreasi untuk mengisi waktu luang kamu. Terlebih lagi, di zaman yang semakin modern ini, tentu saja fasilitas yang ditawarkan semakin beragam untuk meningkatkan experience para pengunjungnya.

Pada kali ini, direadaja akan memberikan informasi lengkap mengenai 5 hidden gem tempat baca di Jakarta yang bisa kamu nikmati di waktu senggang bersama orang terdekat!

1. Perpustakaan Erasmus Huis

Sumber: https://www.netherlandsandyou.nl/your-country-and-the-netherlands/indonesia/erasmus-huis/library/library-membership 

Milik Kedutaan Belanda, perpustakaan ini terletak di belakang gedung kedutaan persis, tepatnya di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini terbuka untuk umum sehingga kamu dapat menikmati fasilitas perpustakaan secara gratis. 

Kedutaan Belanda berusaha memperkenalkan Belanda melalui koleksi buku yang sebagian besar berbahasa Belanda yang ada di perpustakaan ini. Lalu, secara interior, Perpustakaan Erasmus Huis didominasi oleh cat putih sehingga terlihat modern, estetik, dan sederhana. Kamu juga dapat mengambil foto di sini loh. Selain itu, perpustakaan ini juga menyediakan meja dan kursi yang nyaman untuk digunakan. Dari fasilitas hingga suasana yang dihadirkan, tak heran jika kamu dapat merasakan nyaman nya berlama-lama di perpustakaan berlantai 1 ini.

Fasilitas Unggulan:

Spot berfoto miniatur rumah tradisional khas Belanda

Alamat:

Blok C Setiabudi, Jl. H. R. Rasuna Said No.3, RT.8/RW.3, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Jam Buka:

Senin – Kamis: 9 am – 4 pm Jumat: 9 am – 2 pm Sabtu: 10 am – 1 pm

2. Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta

Sumber: https://www.goethe.de/ins/id/id/sta/jak/bib.html

Perpustakaan Goethe-Institut merupakan salah satu bagian dari institut kebudayaan milik Republik Federal Jerman. Perpustakaan yang berada di Jalan Sam Ratulangi, Jakarta Pusat ini, terbuka untuk umum sehingga kamu tidak dikenakan biaya untuk masuk ke dalam perpustakaan dan menikmati fasilitas di dalamnya.

Perpustakaan ini sangat kental dengan budaya Jerman, bahkan sebagian besar koleksi bukunya berbahasa Jerman. Tidak hanya melalui buku, kamu juga dapat mengenal Jerman lebih dalam melalui media lain yang tidak kalah menarik. Kamu dapat menikmati film Jerman di bioskop kecil lantai 2, mendengarkan lagu musisi hits Jerman, memainkan video game dengan konsol berbahasa Jerman, dan memainkan board game yang juga dikemas dalam bahasa Jerman. Perpustakaan Goethe-Institut juga memperluas layanannya secara daring melalui aplikasi BibToGo sehingga kamu dapat mengakses semua layanan perpustakaan 24/7 dalam satu sentuhan. 

Fasilitas Unggulan:

1. Bermain gim video degan konsol terkini
2. Menonton Film Jerman di Mini Kino
3. Mendengarkan lagu-lagu Musisi Hits Jerman
4. Memainkan koleksi board game
5. Mengakses layanan lewat aplikasi BIBTOGO

Alamat:

Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.9, RT.2/RW.3, Gondangdia, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10350

Jam Buka:

Weekdays: 11 am – 9 pm Sabtu: 11 am – 7 pm Minggu: 11 am – 3 pm

3. Perpustakaan Freedom Institute Jakarta

Sumber: https://www.freedom-institute.org/perpustakaan-freedom-bukan-sekadar-untuk-ngadem-35

Bagi kamu pencinta buku, perpustakaan ini wajib kamu kunjungi. Di Freedom Institute, Melalui koleksi buku dan dekorasinya, kamu dapat merasakan kentalnya budaya dan sejarah Indonesia loh. Berbeda dengan Perpustakaan Goethe-Institut dan Erasmus Huis, koleksi buku di perpustakaan ini didominasi oleh buku berbahasa Indonesia. Namun, buku-buku di perpustakaan ini tidak diperkenankan untuk dipinjam sehingga disediakan fasilitas photocopy dengan per lembar kertasnya dikenakan biaya hanya Rp175,00. Selain itu, tersedia pula meeting room yang dapat digunakan secara gratis bagi member perpustakaan dan dikenakan biaya Rp100.000,00/jam bagi perusahaan. Di sini, terdapat beberapa jenis meja dan kursi, bila datang ramai-ramai kamu dapat menggunakan meja dan kursi kayu yang panjang. Tapi jangan khawatir jika kamu datang sendiri, kamu bisa menggunakan meja berbilik atau sofa untuk satu orang.

Fasilitas Unggulan:

 1. Jaringan wi-fi, meja panjang, meja partisi lengkap beserta colokan, serta sofa empuk yang bisa kamu gunakan saat membaca buku
2. Layanan fotokopi (Biaya yang dikenakan per lembar adalah sebesar Rp175,00.)
3. Fasilitas meeting room yang bisa digunakan untuk umum
4. Ruangan yang dingin dengan alunan musik instrumental bervolume rendah

Alamat:

Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.11, RT.5/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta City, Jakarta 12920

Jam Buka:

Weekdays: 9 am – 4 pm

4. Perpustakaan Baca di Tebet

Sumber: https://manual.co.id/directory/baca-di-tebet/ 

Perpustakaan di Tebet, Jakarta Selatan memiliki tampilan interior yang sederhana. Perpustakaan ini tidak hanya memfasilitasi ruangan untuk membaca dan berdiskusi, tetapi juga menyediakan ruangan temu Roy B.B. Janis, selain membaca disini kamu juga dapat makan, bermain alat musik. Ada juga ruangan khusus untuk merekam podcast di Ruang Karya yang kedap suara dan dilengkapi dengan peralatan rekam suara untuk menggunakan ruangan ini kamu harus reservasi terlebih dahulu. Bagi kamu yang membutuhkan ketenangan, kamu dapat menggunakan ruang baca serta ruang pikir di ruangan ini, di ruangan ini kamu tidak diperbolehkan untuk makan ya, tetapi jangan khawatir disini kamu akan mendapatkan fasilitas refill minum secara gratis.

Berbeda dengan perpustakaan lainnya, untuk masuk ke dalam perpustakaan, kamu perlu registrasi dan via website ‘Baca di Tebet’ sebelum datang ke lokasi. Ada tiga jenis kartu keanggotaan di ‘Baca di Tebet’, bulanan, tahunan untuk pelajar, dan tahunan untuk umum, biaya nya yaitu; harian sebesar Rp35.000,- ,bulanan sebesar Rp100.000,- ,tahunan sebesar Rp600.000,- bagi pelajar, sedangkan Rp800.000,- bagi masyarakat umum. Dari biaya ini, kamu dapat menikmati fasilitas lengkap yang ada di perpustakaan dan sebagai anggota kamu juga dapat mengikuti program-program pengembangan diri yang diselenggarakan seperti; kelas menulis, digital storytelling, alat musik tradisional, fact and check, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, penerapan biaya tersebut bukan bertujuan untuk komersil, melainkan agar semua pihak turut berkontribusi untuk kelanjutan dan merawat perpustakaan ini, yah dihitung-hitung sebagai salah satu bagian kita berdonasi.

Fasilitas unggulan:

1. Konsep yang nyaman dan homey
2. Memiliki dua ruangan baca serta ruang pikir, dua ruangan sewa, dan ruang temu Roy B.B. Janis
3. Terdapat loker seperti di perpustakaan besar pada umumnya
4. Terdapat kafetaria

Alamat:

Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.29, RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Jam Buka:

Selasa – Kamis : 10.00 — 18.00 WIB Jumat – Sabtu: 12.30 – 20.30 WIB Minggu: 10.00 – 18.00 WIB 

5. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Sumber: Google Review oleh Mohammad Reza Rajasa

Taman literasi yang berada di kompleks Blok M ini memiliki luas 4 hektar taman dan ruang terbuka. Hadir dengan konsep indoor dan outdoor, taman ini memiliki beragam tempat yang bisa dinikmati, di antaranya yaitu healing garden, ruang diskusi, ruang galeri, hingga ruang belajar. Kamu bisa membaca dengan nyaman di dalam ruangan dan bisa mengobrol atau berdiskusi dengan lebih nyaman di luar ruangan, tanpa mengganggu aktivitas orang lain. Selain itu, di area lantai 1 terdapat area bermain anak sehingga tempat ini cocok bagi orang tua yang ingin mengajak anaknya bermain sambil belajar di sini. 

Fasilitas unggulan:

1. 4 hektare taman dan ruang terbuka
2. Healing garden, ruang diskusi, ruang galeri hingga ruang belajar
3. Area bermain anak
4. Perpusatakaan, kantor, kedai kopi, musala, dan toko buku

Alamat:

Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Jam Buka:

Everyday: 7 am – 10 pm

Itu dia lima hidden gem wisata baca yang berada di Jakarta versi direadaja. Tentunya, setiap perpustakaan memiliki keunikannya masing-masing sebagai daya tarik bagi para pengunjungnya. Terlebih, lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota Jakarta dan mudah diakses menggunakan transportasi umum. Kamu pun tidak perlu khawatir dikarenakan biaya transportasi umum tidaklah mahal sehingga lima wisata baca di atas sangat cocok untuk dijadikan referensi tempat liburan bersama orang terdekat.

Komentar