Dihari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemkot Bekasi Kembali Resmikan 2 RSUD tipe D

Peristiwa243 Dilihat

BeTimes.id — Dihari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali meresmikan 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi, secara resmi telah membuka RSUD tipe D, di samping Kecamatan Bantargebang dan Pondokgede tepat dibelakang Atrium Pondokgede, Sabtu (17/8/2019).

Pantauan bekasitimes.id, Walikota Bekasi Rahmat Effendi tengah menandatangani prasasti kedua RSUD tersebut. Dan Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto berdiri disampingnya.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi Sedang Memandangi Prasasti RSUD tipe D Didampingi Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto.

Selain itu, terllihat juga Dandim 0507/Bekasi, Kapolrestro, Kajari, Sekretaris Daerah Kota Bekasi dan beberapa pejabat esselon II – III, serta tokoh masyarakat.

Menurut Rahmat Effendi, dengan telah dibangunnya RSUD tipe D di Pondokgede dan Bantargebang, merupakan bukti nyata serta komitmen Pemkot Bekasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya.

Ia menjelaskan, pada tahun ini Pemkot Bekasi sudah berhasil membangun RSUD tipe D sebanyak 3 bangunan, diantaranya Jatisampurna dan Bantargebang serta Pondokgede.

“Kita sengaja membangun ini untuk masyarakat, agar tidak perlu jauh-jauh lagi dan repot-repot berobat ke RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid. Cukup ke RSUD tipe D yang lokasinya dekat dengan rumah, dan sengaja kita pilih agar dapat terjangkau untuk warga diwilayah Kecamatan, sedangkan fasilitasnya sudah memadai untuk penyakit ringan,” kata Rahmat Effendi, dalam sambutannya.

Jadinya lanjut dia, dengan bertambahnya tiga RSUD tipe D tahun ini, maka ada empat rumah sakit milik Pemkot Bekasi yang sudah beroperasional. Sedangkan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid kata dia, merupakan rumah sakit tipe B yang terlebih dahulu dibangun.

“Kita berencana untuk menargetkan satu RSUD tipe D lainnya di wilayah Kecamatan Bekasi Barat dan di Kecamatan Medansatria, semoga ini juga bisa segera direalisasikan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan, bahwa Pemkot Bekasi akan fokus pada pendidikan dan kesehatan.

Alasannya, kata Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, itu bagian dari amanah pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang mana negara wajib mensejahterakan rakyatnya.

“Saya minta kepada Tanty Rohilawati, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi agar esok harus sudah bisa digunakan untuk melayani masyarakat,” pintanya.

“Camat dan Lurah untuk turun langsung menginformasikan serta mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa sudah ada RSUD tipe D di Kecamatan Bantargebang dan Kecamatan Pondokgede,” tegasnya.

Menanggapi pernyataan Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi Tanty Rohilawati, mengamini pernyataan pimpinannya itu.

Menurutnya, bahwa RSUD tipe D ini sudah dilengkapi ruang gawat darurat, poliklinik rawat jalan dan  Intensive Care Unit (ICU) serta Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Selain itu, kata Tanti, RSUD tipe D ini juga sudah dilengkapi layanan empat spesialisasi yakni, kebidanan, anak, bedah dan penyakit dalam.

“RSUD tipe D ini sudah dapat menampung kurang lebih 50 pasien rawat inap. Ada juga instalasi farmasi, radiologi, juga poli gigi,” tutur Tanti.

Sementara itu Udin (50), masyarakat Kecamatan Bantargebang yang terlihat hadir dalam peresmian tersebut merasa senang dengan keberadaan RSUD tipe D diwilayahnya.

“Saya merasa senang di wilayah Bantargebang sudah ada RSUD tipe D, jadi tidak perlu jauh-jauh untuk berobat,” katanya, singkat. (Adv/pal)

Komentar