Kemnaker Resmi Buka Seleknas Calon Kompetitor ASC ke XIII di BBPLK Kota Bekasi

Peristiwa221 Dilihat

BeTimes.id — Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) buka Seleksi Nasional calon kompetitor Asean Skill Competition ( Seleknas – ASC) ke XIII tahun 2019, di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bekasi, Selasa (20/8/2019).

Acara yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, di ikuti 300 orang yang terdiri dari para juara Seleksi Daerah (Selekda) dari berbagai Provinsi di Indonesia. Hal ini dikatakan Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama International Kemnaker, Suhartono.

Menurutnya, Seleknas calon kompetitor ASC ini dilaksanakan pada 20-22 Agustus 2019 yang diselenggarakan di 10 lokasi, diantaranya BBPLK Bandung, Semarang dan Serang.

“Adapun Seleknas ini bertujuan untuk memilih 3 calon kompetitor terbaik dan kejuruan individu serta 2 tim terbaik pada kejuruan beregu, yang selanjutnya akan diikutsertakan pada pemusatan latihan di lembaga pendidikan serta pelatihan yang telah ditetapkan,” kata Suhartono.

Suhartono meminta agar penyiapan keikutsertaan Indonesia pada ASC ke XIII tahun 2020 harus dilaksanakan secara profesional dan didukung banyak pihak.

“Pihak pihak seperti pemerintah daerah sangat diharapkan partisipasinya pada tahap seleksi di tingkat daerah,” harapnya.

Ia juga berpesan kedepannya agar pemerintah daerah diharapkan dapat lebih meningkatkan perannya, baik dalam pendanaan maupun upaya pencarian calon kompetitor tingkat provinsi yang lebih berkualitas.

“Selain daerah kita juga berharap industri dapat juga berpartisipasi dalam kegiatan ini nantinya,” pintanya.

ASC kata dia, adalah platform yang sangat baik untuk menginspirasi kaum muda Indonesia untuk terus menerus meningkatkan wawasan, keterampilan dan sikap kerja yang diperlukan dalam dunia kerja.

“ASC juga merupakan platform yang baik untuk melatih kemampuan untuk berinovasi dan berkerja dengan akurasi serta kecepatan yang tinggi,” katanya. (tgm)

Komentar