Kemnaker, Persoalan SDM Bisa Teratasi Jika Lembaga Pendidikan dan Pemagangan Konsisten Dilakukan

Peristiwa277 Dilihat

BeTimes.id — Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) mengklaim persoalan sumber daya manusia (SDM) dapat teratasi, jika peran serta pihak swasta bersama pemerintah terus bersinergi melakukan pengembangan lembaga pendidikan dan pemagangan.

Alasannya, dari data yang dimiliki Kemnaker terdapat 2.300 industri telah memiliki lembaga pendidikan dan 7.600 industri telah menyelenggarakan program pemagangan.

Hal ini disampaikan Sekjen Kemnaker Khairul Anwar, saat menghadiri penutupan Seleksi Nasional disertai pemberian hadiah bagi kompetitor terpilih untuk mengikuti kompetisi keterampilan ke XIII tingkat Asean di Kota Bekasi, Jumat (23/8/2019)

“Jika upaya kerjasama ini terus berlanjut tentunya masalah SDM bisa teratasi, dan meyakini SDM kita akan bisa unggul di segala bidang,” kata Khairul, dalam sambutannya.

Khairul mengakui bahwa Kemnaker hingga kini masih memiliki tantangan kedepannya, diantaranya menghadapi bonus demografi untuk mencapai angka SDM yang berkompeten, sehingga dengan adanya kompetisi tingkat Asean tersebut bisa menjawab tantangan itu.

“Saat ini secara keseluruhan baru terdapat 56 juta jiwa SDM yang memiliki kompetensi dan angka itu masih jauh dari target yakni 113 juta jiwa,” jelasnya. (tgm)

Komentar