PWI, SMSI dan Wakil Rakyat Tebar Ikan di Objek Wisata Rawa Binong

Bisnis328 Dilihat

BeTimes.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bekasi Raya mendorong sinergi dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bekasi.

Pengembangan wisata itu melalui penebaran 50 ribu benih ikan nila di objek wisata Situ Rawa Binong yang dilakukan  Ketua PWI Bekasi Raya Melody Sinaga dan Ketua SMSI Doni Ardon dan sejumlah wartawan serta 3 wakil rakyat Dapil Bekasi, yakni anggota DPR RI, Akhmad Syaikhu, DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Fairdz dan DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto, Kamis (5/3) pagi.  “Benih ikan diperoleh BUMDESA Hegarmukti Lestari dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melalui peran anggota dewan,  Faizal,” kata Melody.

Pemimpin Redaksi Jakpos ini mengaku prihatin dengan stok ikan yang menurun drastis di perairan umum Situ Rawa Binong pasca banjir yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

“Situ Rawa Binong ini memiliki daya tarik wisata, khususnya bagi warga Bekasi yang ingin memancing ikan di perairan umum,” kata Melody.

Dengan suasana sejuk di pusat ibukota Kabupaten Bekasi dengan dukungan infrastruktur dengan akses jalan tol Cikarang Pusat hanya berjarak 500 meter membuat tempat wisata ini dilirik sebagai salah satu icon wisata daerah industri terbesar di Asia Tenggara ini.

“Tahun ini, Situ Rawa Binong dibangun, ditata dan dikembangkan selayaknya tempat pariwisata yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar”.

“Ini menjadi kebanggaan sektor kepariwisataan, di antaranya berkat peran teman pers kita bung Doni, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) wilayah Bekasi Raya”.

“Bung Doni ini yang mendorong peranan semua pihak, mulai dari jajaran eksekutif, legislatif hingga turun langsung ke masyarakat, memberikan edukasi dan motivasi membangun,” kata Melody.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Faridz mengatakan, restocking benih ikan yang dilakukan di Situ Rawa binong diharapkan dapat mengembalikan ketersediaan ikan dan menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum.

“Semoga kegiatan restocking di Situ Rawa Binong ini diikuti pengelola situ lainnya di daerah ini. Saya pribadi siap mendorong dan memgupayakan perolehan bibitnya ke Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Jawa Barat,” terang Faizal.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi 5 DPR RI, Akhmad Syaikhu berpesan agar restocking dapat menjadi suatu budaya di masyarakat.

Syaikhu mengajak para pembudidaya khususnya pelaku pembenihan agar  turut menjaga kelestarian perairan umum dengan  melakukan restocking benih ikan, khususnya ikan-ikan yang tidak berbahaya atau infasif.

Sebelumnya, anggota DPRD Kabupaten Bekasi mengingatkan pengelola destinasi wisata Situ Rawa binong agar mengurus perijinan pengelolaannya sebagai destinasi wisata ke Balai Besar Wilayah Sungai Kementerian PUPR.

“Sangat penting untuk diurus, saya minta Bumdes dan Kepala desa  segera koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi,” saran Budiyanto.

Dalam pantauan wartwan, penebaran 50 ribu benih ikan dilakukan  Ketua PWI Bekasi Raya Melody Sinaga, Ketua SMSI Bekasi Raya Doni Ardon, anggota Komisi 5 DPR RI Akhmad Syaikhu, anggota DPRD Provinsi Jawa barat Faizal Hafan Farid, anggota DPRD Kabupaten Bekasi Buditanto, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Dede Hermawan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Agus Trihono, Camat Cikarang Pusat Suwarto, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo, Ketua BPD Desa Hegarmukti Dedi Hendriana, Direktur Bumdesa Hegarmukti Lestari Doni Ardon, Ketua Karang Taruna Kasman, Ketua PKK, Ketua UKM, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pengelola situ yang ada di Kabupaten Bekasi. (hem)

Komentar