Dalam Kunjungan Pastoralnya, Praeses Pdt.Banner Siburian.MTh Motivasi Jemaat HKBP Filadelphia

Uncategorized105 Dilihat

BeTimes.id-Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi Pdt.Banner Siburian.MTh memotivasi jemaat HKBP Filadelphia Resort Duren Jaya agar tetap tegar atas peristiwa banjir yang mengakibatkan rubuhnya sebagian dinding, atap dan bingkai baja  ringan bangunan gerejanya.

Semangat dan penghiburan dari pimpinan HKBP Distrik XIX Bekasi ini, dalam bimbingan pastoralnya disampaikan dalam ibadah Minggu 8 Maret 2020. Bahwa peristiwa  pada akumulasi banjir tanggal 29 Pebruari 2020 lalu, suatu hal yang tidak bisa diprediksi, namun bencana itu jangan sampai membuat para jemaat di dalam kesedihan.

Kasih setia Allah kepada umatNya, sebagaimana topik minggu ini. Seperti  bangsa Israel yang bersungut-sungut  kepada Musa, bahkan kepada Allah, namun Tuhan tetap setia memelihara hidup umatNya. Tuhan tidak lantas menjauh dari umatNya, atau membiarkan mereka hancur dalam sungut-sungut. Tuhan yang berkuasa membawa umatNya keluar dari perhambaan di Mesir, juga berkuasa memelihara hidup umatNya di perjalanan, apalagi soal makanan dan minuman. Inilah Providentia Dei Allah”, demikian  penggalan khotbah Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Pdt Banner Siburian MTh dalam acara kunjungan pastoralnya ke HKBP Filadelphia, Minggu 8 Maret 2020.

Praeses Banner yang mendasarkan khotbahnya dari Keluaran 17:1-7, memberi semangat dan penghiburan bagi segenap warga jemaat HKBP Filadelphia Ressort Duren Jaya, akibat  banjir waktu lalu. Pir ma pongki bahul-bahul pansalongan; pir ma tondimu saluhut parhalado nang ruas ni huria, luju-luju ma nang pangomoan, kata Praeses Siburian  dalam bahasa batak yang artinya agar jemaat senantiasa kuat dan kelak mendapat berkat.

Pdt.Banner Siburian.MTh

HKBP Filadelphia  yang memiliki warga jemaat 107 KK, dilayani Pdt Saut Simanjuntak STh  dengan  14 orang penatua. Kunjungan pastoral Praeses diawali  ibadah yang dipimpin Pdt Pantas Manalu STh sebagai liturgis dan Khotbah disampaikan Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Pdt Banner Siburian, MTh. Kunjungan pastoral ini  sebagai tindak lanjut dari program Tahun Zending HKBP Distrik XIX Bekasi, mengunjungi dan memberi penguatan kepada jemaat-jemaat yang bergumul.

Antusiasme warga jemaat sekitar 210 orang cukup tinggi dan mengharukan. Meski sebagian besar dinding gereja rubuh, namun mereka tetap tegar dan bersemangat. Ibadah khusus penguatan pastoral ini, turut diisi dengan lagu pujian dari Sektor 2, Koor Naposo serta Paduan Suara Perempuan.  Praeses Banner Siburian  didampingi pelaksana Kabid Marturia Pdt Darwin Sibarani, STh, dan Tumbur Naibaho/ibu br Simbolon, yang selama ini  memberi topangan yang sangat berarti.

Praeses Banner meminta agar segenap warga jemaat tetap bersatu dan kompak, jangan  pernah saling menyalahkan satu sama lain, tidak berpikir bagaimana kembali ke belakang, tetapi apa yang kita kerjakan secara serentak dan secara bersama-sama ke depan. “Hanya orang yang gemar bersungut-sungutlah orang yang selalu ingin kembali melangkah balik ke belakang. Orang yang komit melangkah ke depan, tidak akan lalai untuk bersungut-sungut satu sama lain, tegas Praeses Banner Siburian. Peristiwa Massa dan Meribah, cukuplah sekali saja terjadi, dan menjadi pelajaran penting dari iman kita.

Sesulit apapun jalan yang kita jalani, seterjal apapun jalan yang kita daki, kata Praeses, jangan kita pernah menyerah. Sama seperti Musa, meskipun bangsa itu degil, namun dia tidak putus asa. Justru Musa berseru dan berteriak kepada Allah minta tolong. Tuhan pun menjawab. Tuhan maha kuasa (Omni potence) dan maha hadir (Omni presence). Musa pun berjalan tegar di depan umat, lalu mengajak beberapa penatua menemaninya, membawa tongkat serta memukulkannya di batu Gunung Horeb. Tuhan pun berkuasa menjadikan batu cadas bahkan menjadi sumber mata air !

PdtBanner Siburian.MTh dan isteri bersama jemaat HKBP Filadelphia

Kasih setia Allah adalah tetap bagi setiap orang percaya, bahkan bagi orang yang tidak sepenuhnya percaya sekalipun, seperti karakter bangsa Israel. Orang percaya tidak akan pernah bertuhankan perut, tetapi bertuhankan Allah. Jangan karena perut, kita lupa dan abai akan karya keselamatan Allah. Janganlah hidup kita dipenuhi dengan sungut-sungut, termasuk meneruskan membangun HKBP Filadelphia, tetapi hendaklah dipenuhi dengan syukur berpartisipasi untuk menanggung beban dengan penuh sukacita, pinta Praeses Siburian sambil mengajak warga jemaat bernyanyi bersama Buku Ende No. 503.

Seusai ibadah, Praeses Banner Siburian sejenak ramah-tamah dengan segenap Majelis dan warga jemaat. Setelah sambutan dari Pendeta HKBP Ressort Duren Jaya, Praeses Siburian memberikan beberapa catatan pengarahan pembangunan berikutnya, agar panitia memperhatikan batasan DAS – Daerah Aliran Sungai, tidak panik dengan Virus Corona yakni Covid-19. Juga memberi beberapa arahan untuk sosialisasi Zending, terutama tugas orangtua mensosialisasikan Zending kepada kategorial pemuda dan remaja memasuki Revolusi Industri 4.0.

Praeses secara spontanitas memberi kesempatan kepada beberapa warga jemaat untuk berpartisipasi membantu progress pembangunan berikutnya. Tanpa panitia dan tanpa pesta, terkumpul dana janji iman Rp. 140.000.000,- . Distrik XIX Bekasi melalui Praeses Banner menyumbangkan 5 juta rupiah, janji iman Kel bapak Sinaga/br Pasaribu 20 juta rupiah, Kel St Nadeak/br Damanik 10 juta rupiah, Ressort Duren Jaya melalui Pendeta Ressort 5 juta rupiah, serta janji iman Kel Bapak Tumbur Naibaho/br Simbolon 100 juta rupiah. Segenap warga jemaat pun akan turut berkontribusi dengan penuh sukacita. Terpujilah Tuhan. Semoga HKBP Filadelphia tetap tegar dan menjadi berkat. Amin ! (hem)

Komentar