Dinas Pariwisata Gelar Lomba Masak Makanan Khas Kabupaten Bekasi

Bisnis357 Dilihat

BeTimes.id- Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi menggelar lomba masak antar chef yang bertemakan “Citarasa Makanan Khas Daerah Kabupaten Bekasi antar Hotel dan UMKM”, di Gedung Graha Pariwisata setempat, Kamis (12/3).

Asisten Administrasi Umum Edi Rochyadi dalam pembukaan itu, mengatakan  kegiatan ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan makanan khas Kabupaten Bekasi.  “Kita ini kurang memberikan informasi  mengenai makanan daerah khas Kabupaten Bekasi. Maka, kegiatan ini saya harap  menjadi wadah bagi Pemkab untuk memperkenalkan makanan apa saja yang jadi ciri khas  daerah ini,” ujarnya.

Edi menambahkan,  berbagai menu  yang ada di hotel dapat menambahkan menu yang bercita rasa khas daerah Kabupaten Bekasi.  “Di sini saya harapkan kerjasama antar Pengusaha UMKM dan Pengusaha Hotel. Jadi makanan yang dijual di UMKM dapat didistribusikan juga di hotel-hotel yang ada di daerah ini,” tambahnya.

Sementera itu, Encep S Jaya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi menambahkan, kriteria penilaian dari lomba masak antar chef ini ada 3, yaitu Citarasa, Kreatifitas dan Keunikan serta Platting atau cara penyajian akhir.

“Citarasa yang kuat akan menjadi nilai dominan, kreatifitas dalam mengolah makanan menjadi prioritas kedua, sehingga harus dibuat semenarik dan seunik mungkin,” ungkapnya.

Encep juga berharap, dengan diadakannya lomba ini, dapat dijadikan pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak dan mengelola citarasa khas makanan menjadi lebih menarik.

“Dengan kemampuan mengelola citarasa khas Kabupaten Bekasi menjadi lebih menarik, sehingga dapat memikat masyarakat di luar  daerah terhadap wisata kuliner  di daerah ini,” katanya.

Lomba  ini  diikuti  peserta yang berasal dari perwakilan Hotel dan perwakilan UMKM  se-Kabupaten Bekasi dengan juri  yaitu Chef Aiko dan Chef Brata serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi. (hem)

Komentar