Mensos Juliari Berharap BST Tahap I Tuntas Sebelum Lebaran

Peristiwa163 Dilihat

BeTimes.id – Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara, Sabtu (23/5/20) menyalurkan langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada ratusan warga Desa Jaya Sampurna, Kecamatan Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat.

Mensos mengatakan, bahwa Kabupaten Bekasi merupakan daerah besar yang dekat dengan Jakarta. Dari pengamatan lapangan, saya melihat perlu percepatan realisasi BST. 

“Saya sudah minta kepada Kadinsos dan PT Pos supaya dikoordinasikan langkah penambahan lokasi pembayaran/loket dan waktu pembayaran untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ungkap Juliari kepada media di kantor Desa Jaya Sempurna, Kabupaten Bekasi.

Politisi PDIP ini mendesak agar hari ini bisa selesai (penyaluran untuk Tahap I). Hal ini sejalan dengan arahan Presiden agar sebelum lebaran ini daerah-daerah yang memang terdampak paling terdampak ini sudah selesai BST Tahap I.

“Soal koordinasi memang masih perlu koordinasi di awal penyaluran bisa dimaklumi. Sekarang kan sudah lancar. Insya Allah Kabupaten Bekasi bisa tersalurkan lebih baik,” imbuhnya.

Dirinya berharap penyaluran selanjutnya berjalan lebih baik. Kalau pertama kan kadang-kadang masih ada sedikit penyesuaian. Karena ada juga pemyaluran Bansos dari Kementerian lain dari Pemprov dari Pemkab. Kalau di lapangannya sudah ketemu ke depannya lebih lancar.

Usai menyalurkan BST di wilayah Kabupaten Bekasi, Mensos secara marathon melanjutkan penyaluran bantuan sosial di dua lokasi berbeda yaitu di Wilayah Kabupaten Bogor.

Diketahui, proses realisasi BST di Kecamatan Bogor Selatan cukup baik. Ada perkembangan signifikan dengan prosentase penerima mencapai 90%. Adapun untuk bansos sembako tahap di daerah DKI memasuki Tahap III. Sementara di Bodetabek mulai berjalan Tahap II. 

“Tidak mudah mengejarnya. Kalau belum tercapai sampai Lebaran, Senin diatur lagi kendalanya dimana,” jelas Juliari. (rdk)

Komentar