Seratus Desa Telah Menyalurkan BLT-DD Kepada MasyarakatTerdampak Covid-19

Hukum134 Dilihat

BeTimes.id-Sekitar 100 Desa di Kabupaten Bekasi hingga Jumat (5/6),  sudah  menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah mengatakan, hanya tersisa sekitar 80 Desa dari 180 Desa yang belum menyalurkannya. “Dari 180 desa se-Kabupaten Bekasi, sudah 100 desa yang menyalurkan BLT-DD. Alhamdulillah, per hari ini mayoritas desa di daerah ini telah menyalurkan BLT-DD.

Maman Firmansyah mengharapkan,  minggu depan  semua desa sudah selesai menyalurkan dana tersebut, sehingga meringankan beban masyarakat.

Pihaknya mengatakan keterlambatan dalam penyaluran BLT-DD itu disebabkan proses input data yang cukup panjang. Kemudian, penginputan data penerima di Bank BJB untuk pembuatan buku rekening bagi calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Data penerima yang sudah ditetapkan di Musdes (Musyawarah Desa) pun harus diverifikasi dan validasi kembali untuk menghindari adanya tumpang tindih bantuan, mengingat bantuan sosial lainnya pun terus bergulir kepada warga,” kata dia.

Maman berharap penyaluran BLT-DD bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dapat terlaksana dengan baik dan dapat diterima kepada yang berhak dan tepat sasaran. (hms/hem)

 

Komentar