Pasar Induk Cibitung Akan Dijadikan Icon Pasar Grosir Sayur Mayur 

Bisnis177 Dilihat

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja didampingi Sekretaris Daerah Uju menandatangani kesepakatan bersama revitaliasai pasar Cinduk Cibitung. (foto:hms)

BeTimes.id-Pasar Induk Cibitung akan dijadikan sebagai Icon Pasar Grosir sayur mayur yang menjadi kebanggaan Kabupaten Bekasi dan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Harapan itu disampaikan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja ketika menghadiri  penandatanganan kesepakatan bersama revitalisasi dan pengelolaan Pasar Induk Cibitung dengan PT. Citra Prasasti Konsorindo di Ruang Rapat Bupati Bekasi Desa Sukamahi, Kecamatan  Cikarang Pusat, Rabu (24/6).

Pasar  yang berada di sisi jalan Negara itu, ke depan akan berubah jauh lebih baik di tengah  perkembangan pembangunan berbagai sektor, apalagi Kabupaten Bekasi sebagai daerah industri terbesar di Asia Tenggara.

Dalam kegiatan expose percepatan revitalisasi dan pengelolaan pasar  tersebut, dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama yang  dihadiri Bupati didampingi Sekretaris Daerah Uju serta unsur pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan  bahwa  kesepakatan bersama ini, Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Kabupaten Bekas sudah  dibahas  tanggal 16 Juni 2020.

Revitalisasi pasar ini kata Bupati, dengan harapan akan  menjadikan pasar induk cibitung lebih baik, pasalnya selain terlihat kumuh, kondisi kontur tanah pasar tersebut juga sangat rendah, sehingga sering dilanda banjir.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Abdul Rofiq mengatakan maksud dan tujuan dilakukan revitalisasi dalam bentuk kerjasama bangun guna serah (BGS) serta agar pasar cibitung menjadi icon pasar induk sayur mayur dan buah, sesuai standar SNI dan pengelolalannya lebih profesional agar PAD nya lebih maksimal.

Abdul Rofiq mengatakan,  kesepakatan kerjasama ini karena adanya surat permohonan revitalisasi dari para pedagang dan rukun warga (RWP) pasar induk cibiting pada tanggal 24 November 2015

“Saya berharap revitalisasi pasar induk cibitung menjadi sebuah pasar induk dan grosir sayur mayur dan buah-buahan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi yang bersih dan presentatif,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT. Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol menambahkan dalam revitalisasi rencananya akan dibangun untuk bangunan bertingkat/ruko.

Ia mengatakan,  pembangunan revitalisasi pasar induk cibitung ini ditargetkan akan selesai dalam jangka waktu 18 Bulan  dengan menghabiskan biaya sebesar Rp.190 miliar.

“Jadi nanti di lantai atas kita buat parkir motor di sisi kiri, sementara sisi kanan akan dibuat food court, mengingat pedagang makanan sangat berserakan sekali.” Katanya. (hms/hem)

Komentar