Pemkab Bekasi Fungsikan Dua Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang

Hukum370 Dilihat

BeTimes.id-Dua ruas jalan Inspeksi Kalimalang mulai  Cibitung  hingga Pasar Tegal Danas di Kabupaten Bekasi, mulai difuksikan sebagaimana dikatakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam rapat evaluasi optimalisasi bersama tujuh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Selasa (13/10).

Dalam rapat yang dihadiri  Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bapedda, Satpol PP, Disperkimtan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pemadam Kebakaran, dibahas mengenai persiapan dan perencanaan langkah optimalisasi dua jalur Inspeksi Kalimalang tersebut. “Sepanjang Kalimalang Cibitung atau pool bus Sinar Jaya, hari ini telah diaktifkan dua ruas jalan yang sebelumnya belum optimal. Tentunya, masih diperlukan sinergitas antar Dinas terkait, harus kompak. Setelah tadi saya melihat langsung, ternyata masih banyak didapati permasalahan terkait penataannya,” ungkap Bupati.

Mantan Ketua DPRD ini  meminta agar nilai estetika di sepanjang jalur tersebut juga harus diperhatikan. Baik dari segi keindahan, kebersihan, dan penataan yang terus dilakukan secara berkesinambungan bersinergi dengan unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi dalam penanganannya. “Nilai estetikanya, jangan sampai kumuh. Semua dinas harus segera bekerja, agar terlihat perubahan, sehingga  bisa  menjadi icon baru bagi  daerah ini dan  bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Aat Barhaty mengatakan, telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengaktifan ruas jalan Kalimalang. “Selama tiga minggu ini,  telah melakukan sosialisasi, woro-woro dan peringatan kepada masyarakat. Alhamdulillah, mereka telah menyadari bahwa jalan tersebut peruntukannya untuk jalan,” ucapnya saat diwawancara.

Dikanatan, Bupati sudah melihat kondisinya dan perlu dilakukan penataan secara bersama-sama dari berbagai SKPD. “Harus kerja bersama-sama untuk  memaksimalkan supaya menjadikan Kalimalang icon baru Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Ia  mengaku, pada awalnya akan melaksanakan optimalisasi dari Batas Kota sampai dengan Pasar Tegal Danas. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa lahan yang perlu dibebaskan. “Saat ini masih menggunakan satu ruas jalur. Sehingga, dapat mengurai kemacetan yang terjadi. Kami juga akan melakukan pemantauan di titik tertentu serta melakukan rekayasa lalulintas. Semoga masyarakat dapat menggunakan jalan dengan aman dan nyaman serta ikut memelihara jalan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Bekasi telah melakukan sidak langsung bersama SatpolPP, Satlantas, TNI dan Dishub. Dari sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang Cibitung sampai dengan Pasar Tegal Danas untuk melihat secara langsung  kondisi serta permasalahan lalulintas di jalan Inspeksi Kalimalang. (hms/hem)

Komentar