DPRD Kabupaten Belitung Timur Konsultasi Pokir Penyusunan RKPD Ke Pemkot Bekasi

Peristiwa322 Dilihat

BeTimes.id — DPRD Kabupaten Belitung Timur kunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dalam implementasi pokok pikiran penyusunan rencana kerja perangkat daerah.

Kedatangan mereka diterima Sekretaris Bappelitbangda Kota Bekasi, Diki beserta para jajaran, di ruang rapat kerjanya.

Menurut Oman, anggota komisi 2 DPRD Kabupaten Belitung Timur, kedatangan rombongan untuk berkoordinasi dan konsultasi tentang Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kota Bekasi.

“Kedatangan kami ingin mengetahui terkait Pokok Pikiran anggota Dewan, seperti apa sistem yang digunakan dari mulai proses reses hingga RKPD.? Sebagaimana proses teknis yang di Kota Bekasi agar bisa berjalan harmonis.? Karena Pokir memiliki tujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat juga pada akhirnya, ” kata Oman, Kamis (15/10).

Tom Haryono, salah satu anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur mengatakan bahwa peraturan hampir sama di semua daerah, namun sayangnya implementasi berbeda dengan apa yang telah diusulkan dengan dinas terkait.

Sementara itu menurut Diki, mengatakan pada tahun ini ada yang berbeda, semua usulan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Pokir anggota Dewan diinput di kelurahan oleh petugas kelurahan.

“Sebelumnya kami juga telah mengeluarkan satu tema dan program 100 hari Kepala Daerah sehingga diharapkan program yg sudah diusulkan tidak lagi keluar dari jalur,” kata Diki.

Ia menjelaskan rencananya Kota Bekasi tahun depan akan menerapkan sistem yang digunakan oleh Pemerintah Kota Bogor, yaitu forum pokir.

“Dimana forum pokir merupakan suatu wadah koordinasi antara Bappelitbangda dengan banggar tentang Pokir yang diusulkan oleh anggota dewan,” katanya.

Diki mengatakan setiap permasalahan pasti ada dinamikanya di setiap daerah, namun ada solusi yang bisa dicapai karena demi kepentingan masyarakat banyak. (hum/pal).

Komentar