Lapas Kelas IIA Cikarang dan Satnarkoba Gelar Kordinasi Pencegahan Dini Dan Penindakan Peredaran Narkoba

Hukum679 Dilihat

BeTimes.id-Kepala KPLP Kelas IIA Cikarang mengadakan koordinasi dengan Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi AKBP Farlin Lumbantoruan SH, M.H untuk membahas pencegahan (deteksi dini) dan penindakan peredaran gelap narkoba dengan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapas Kelas II A Cikarang, berdasarkan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait tiga kunci Pemasyarakatan maju yaitu deteksi dini, sinergi, dan perang terhadap narkoba.

Selain itu, setiap petugas Pemasyarakatan harus mampu mendeteksi dini setiap kendala yang mungkin akan terjadi terutama di masa pandemi saat ini, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Lapas Kelas IIA Cikarang dan Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi
berencana akan memberikan bekal sebagai dasar pelaksanaan tugas pencegahan dan penindakan peredaran narkoba, salah satunya tentang penguatan teknis pengamanan dan standar operasional prosedur penindakan pencegahan peredaran narkoba dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat tingginya kasus narkoba dan Covid-19 saat ini.

Seluruh petugas juga akan diberikan pembekalan terkait pencegahan (deteksi dini) dan penindakan peredaran narkoba di Lapas kelas IIA Cikarang. Tujuannya memperkuat tugas dan fungsi
keamanan dan pelaksanaan tugas pengamanan dalam pencegahan (deteksi dini) dan penindakan peredaran narkoba dengan protokol kesehatan pada Lapas Kelas IIA Cikarang serta sinergitas antar instansi.

Sedangkan Kegiatan akan ditindaklanjuti dengan kegiatan menembak bersama Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Ketua Pengadilan Negeri Cikarang serta pejabat struktural dari masing-masing antar institusi.

“Kami dari lapas kelas IIA Cikarang, berkoordiansi dengan kasat Narkoba untuk membahas deteksi dini,” ujar Muhamad Ridwan, Humas Lapas kelas IIA Cikarang.

Ke depan akan dilakukan penguatan Pengamanan, Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Stabilitas keamanan Lapas,Langkah progresif memberantas Narkoba dengan prokes,
Sinergitas antar Instansi dan Lapas Cikarang menuju WBB” tandasnya. (tbs)

Komentar