Petugas Kebersihan Kabupaten Bekasi Gelar HUT RI di Tengah Lautan Sampah

Peristiwa609 Dilihat

BeTimes.id-Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dilaksanakan sejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi di tengah lautan sampah di Kali Jambe, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Selasa (17/8).

Petugas kebersihan mengibarkan bendera merah putih di Kali yang sedang dinormalisasi akibat tumpukan sampah itu. “Kebersihan merupakan buah dari kemerdekaan. Apalagi lokasi upacara ini, persis di samping Jalan Tol Jakarta-Cikampek, jangan sampai terlihat ada sampah yang mengapung,” kata Kabid Kebersihan pada DLH Khaerul Hamid.

Upacara yang berlangsung sederhana itu, juga diikuti sejumlah warga sekitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sang Merah Putih dikibarkan dari sebilah batang bambu sebagai tiangnya.

Para peserta upacara juga tidak menggunakan seragam layaknya upacara peringatan melainkan hanya memakai pakaian kumal dengan topi caping sebagai penutup kepala, namun tetap khidmat sambil mengumandangkan Lagu Indonesia Raya.

Dalam kesempatan itu, Hamid mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan sebagai salah satu cara menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Pihaknya juga mengajak semua anggota dan warga setempat berperan aktif memerangi sampah.
“Warga juga dinilai, menjadi simbol pahlawan dalam memerangi lingkungan yang kurang bersih. Apalagi Kali Jambe membutuhkan perhatian dan kepedulian dari kita semua,” katanya.

Menurut dia, detik-detik proklamasi ini sifatnya insidensial dalam artian semangat hari kemerdekaan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya.

Dijelaskan, kebersihan Kali Jambe merupakan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat. Aliran sungai ini, kerap berubah menjadi lautan sampah terlebih saat hujan deras. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk cinta terhadap lingkungan. Semoga momentum detik-detik proklamasi ini, bisa menambah kesadaran serta tanggungjawab masyarakat dalam mengelola lingkungan menjadi bersih dan bebas dari sampah,” katanya. (adv)

Komentar