Camat Tarumajaya Dukung Pelestarian Kesenian Tradisional Betawi Tanjidor

Pendidikan316 Dilihat

BeTimes.id-Camat Tarumajaya Dede Mauludin mendukung pelestarian kesenian music tradisional asli Betawi yaitu Tanjidor Pusaka Grup yang dikunjunginya, di Kampung Tikungan, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Rabu (1/9).

Dede Mauludin didampingi tokoh budayawan setempat, Eyang Anjar dan berdialog langsung dengan sejumlah personil Tanjidor Pusaka Grup yang memiliki 10 personil dan satu-satunya kesenian lokal asli Tarumajaya yang telah memasuki generasi kelima yang tetap bertahan di era modern. “Kunjungan ini sebagai bentuk perhatian khusus kepada para seniman dan budaya kita sendiri yang masih ada tak boleh dilupakan,“ kata Dede.

Dalam kunjungan silaturahmi itu, Camat memberikan bantuan operasional kepada Pimpinan Tanjidor Pusaka Grup Pak Bekong. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan moril serta perhatian dalam upaya pengembangan pelestarian aset budaya di Kecamatan Tarumajaya. “Saya mengapresiasi semangat mereka, dengan kondisi yang ada saat ini, mereka mampu bertahan dan masih memiliki semangat yang kuat,” tuturnya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go.id.
Dikatakan, akan melakukan langkah pengembangan ke depan dengan memberikan fasilitas operasional rutin guna mendukung proses pelatihan hingga dapat menciptakan regenerasi baru.

Pimpinan Tanjidor Pusaka Grup Bekong berharap, pemerintah daerah terus memberikan dukungan dan perhatian terhadap kesenian tradisional serta pembinaan lanjutan untuk generasi mendatang. “Kami berharap, pembangunan di daerah tidak hanya terfokus dengan pembangunan fisik semata, melainkan dibarengi pembangunan jati diri dari aset budaya kita yang masih ada,” ujarnya. (adv)

Komentar