Ratih Raih Medali Emas Pertama Cabor Panahan PON XX Papua

Peristiwa402 Dilihat

Ratih Zilizati Fadhly

BeTimes.id-Medali Emas pertama dari Cabang Panahan di Nomor Individual Compound Putri diraih Atlet Kabupaten Bekasi, Ratih Zilizati Fadhly mewakili Jawa Barat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ratih unggul atas lawannya Syahara Khoerunisa dari Banten dengan selisih tipis satu poin, pada final di Area Panahan, Komp. Kingmi, Kabupaten Jayapura, Senin (4/10).

Ratih ke final setelah mengalahkan atlet Sea Games 2019 Sri Ranti yang juga berasal dari Kabupaten Bekasi, juga mewakili Jawa Barat.

“Di semi final Ratih unggul dari Sri Ranti, Juara Sea Games,” ujar Manager Perpani Jawa Barat, Suheriyanto, usai pertandingan.

Sementara itu, pertarungan sengit juga berlangsung babak final. Selisih poin sangat tipis, Ratih meraih poin 135, sedangkan pemanah Banten meraih poin 134.

Sejak awal, Heri sapaan akrabnya menjelaskan, Ratih selalu meraih hasil mempuni. Meskipun, tekanan dengan lawan berat selalu dihadapinya pada nomor Individual Compound Putri ini.

“Alhamdulillah, kita unggul dengan selisih sangat tipis,”katanya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go.id.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi Reza Lutfi mengaku bangga dengan raihan atletnya. Meskipun, sempat ada pertandingan sesama Kabupaten Bekasi di Semi final.

“Dengan medali ini, untuk panahan Jawa Barat atlet dari Kabupaten Bekasi Ratih Zilizati Fadhly, berhasil menambah pundi-pundi emas Kontingen Jawa Barat di PON XX Papua,” tuturnya.

Pencapaian Ratih Zilizati Fadhly ini tentu berkat kerja keras serta keuletan selama menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON di Bandung.

“Masih banyak atlet kita yang akan turun. Kami pun, dengan tim KONI terus melakukan monitoring pada tiap atlet yang mewakili Jawa Barat di PON ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ratih Zilizati Fadhly menuturkan selama pertandingan, mentalitas menjadi penentu raihan poin. Baginya, dalam panahan sangat ditentukan banyak hal, salah satunya cuaca.

“Akhirnya saya di final, meraih emas pertama, lusa pun saya akan bermain kembali di final beregu bersama Sri Ranti. Dan final mix bersama atlet Jabar yang lain. Mohon doanya, agar kami mampu memberikan yang terbaik,” tukasnya. (*)

Komentar