Dinas Koperasi dan UKM Dukung Pelaku Usaha Tingkatkan Produksi dan Pemasarannya

Peristiwa413 Dilihat

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna bersama pelaku UKM pada acara Festivak Kuliner Kabupaten Bekasi 2021.

BeTimes.id-Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna, terus mendukung usaha UKM mulai dari aspek hulu dari sisi permodalan yang akan difasilitasi hingga meningkatkan kualitas dan kemapuan dalam memproduksi hasil karyanya mulai manajemen keuangan maupun pengemasannya.

Hal itu diungkapkannya ketika menghadiri pembukaan festival kuliner yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, di Gedung Pariwisata, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (06/10).
“Aspek hulunya dari permodalan kita fasilitasi para pelaku UMKM dengan pihak perbankan untuk kredit usaha rakyat (KUR), juga bantuan produk usaha mikro, juga difasilitasi membuat proposal bagi yang ingin mengajukan kredit tersebut,” ujarnya sebagaimana dikutip bekasikab.go.id.

“Dari sisi tengahnya, kita bantu pelaku usaha agar dapat meningkatkan produksinya, mengelola usahanya dibantu manajemen keuanganya termasuk packagingnya dan lainnya,” katanya.

Ia juga menyampaikan dari hilirnya sudah menyediakan fasilitasi terkait pemasaran agar produk yang dihasilkan bisa masuk ke supermarket, juga sudah menjalin kerjasama dengan e-commerce untuk pemasaran secara online-nya.

“Di hilir pemasarannya kita sudah mencoba penetrasi pasar, pelaku UMKM juga dibantu untuk bisa masuk ritel modern ke beberapa puluh otlet Indomart maupun Alfamart dan terdapat beberapa supermarket yang sudah dimasuki produk dari UMKM,”j elasnya.

Ia berharap kualitas produk dan pemasaran para pelaku usaha atau UMKM yang baru merintis usahanya di tahun depan dapat meningkat, melalui UMKM perekonomian masyarakat pasca pandemi bisa lebih baik. (*)

REPORTER: ENDAR RAZIQ

Komentar