Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna : 11 Produk UKM Dipasarkan di Retail Modern

Bisnis645 Dilihat

BeTimes.id-Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bekasi diharapkan akan semakin berkembang, apalagi setelah produk-produknya bisa dipasarkan di Alfamidi dan retail modern lainnya.

Terbaru, melalui kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dengan PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi), ada 11 produk lokal yang akan dipasarkan di sana, sehingga terbuka kesempatan berkembangnya UKM di daerah ini.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan, sebelumnya telah menjalin kemitraan dengan retail modern Indomart, Alfamart, dan terbaru dengan Alfamidi. 

Sedangkan untuk supermarket telah menjalin kemitraan dengan Hyfresh, Papaya dan Living Plaza. Kedepannya, dengan regulasi yang sudah lengkap akan diperluas kemitraan dengan jasa perhotelan, kawasan industri dan pembuatan sentra-sentra produk usaha mikro di Kabupaten Bekasi. 

“Arahan Bappeda dalam Musrenbang, kita diminta membuat produk strategisnya berupa pembuatan sentra oleh-oleh khas Kabupaten Bekasi,” ujarnya. 

Diharapkan, dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan Dinas Koperasi dan UKM tersebut,  pelaku usaha mikro di daerah ini  dapat terus belajar meningkatkan manajemen dan kualitas produknya, memperbarui desain produk sesuai keinginan pasar, dan bisa memanfaatkan peluang pasar. 

“Saya berharap, para pelaku usaha mikro dapat terus belajar dan meningkatkan kualitas produknya dan bisa memanfaatkan peluang pasar,” tandasnya. 

Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki yang meresmikan peluncuran 11 produk UMKM Kabupaten Bekasi yang bekerjasama dengan PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi) dan PT. Fajar Surya Wisesa. di Alfamidi Gatot Subroto, Kecamatan Cikarang Utara, Jumat (1/4/22), mengapresiasi PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi) yang memberikan ruang dan kesempatan kepada para pelaku UMKM Kabupaten Bekasi masuk pada retail modern. Dan dengan kemitraan tersebut diharapkan dapat menjadi titik balik bangkitnya perekonomian di daerah ini pasca wabah Covid-19. 

“Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan  menjadi titik awal bagi kebangkitan UMKM di Kabupaten Bekasi,” tuturnya. 

Dikarapkan, kedepannya tidak hanya 11 produk yang masuk ke Alfamidi, tetapi bisa menambah lagi produk-produk lainnya dan bisa masuk ke outlet-outlet yang lain, sehingga dapat memotivasi pelaku-pelaku usaha agar dapat bersaing dan memiliki produk unggulan yang dapat dipasarkan. 

“Saya berharap kepada para pelaku UMKM agar tetap semangat. Karena pemerintah daerah akan terus berupaya agar UMKM tidak hanya dipasarkan di dalam daerah, tetapi juga diluar daerah,” ujarnya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go,id.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian bantuan kepada yatim piatu, serta PT. Fajar Surya Wisesa memberikan bantuan berupa 2 unit mesin jahit untuk pembuatan sarung tangan dan kain majun kepada koperasi yang mewadai UKM-UKM yang ada di Kabupaten Bekasi. (***) 

Komentar