Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Generasi Muda Cintai Seni Tari Khas Sunda Klasik

Pendidikan800 Dilihat

BeTimes.id-Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengajak generasi muda agar senantiasa mempelajari dan mencintai seni tari khas Sunda klasik Kabupaten Bekasi yang akan  diwariskan ke generasi berikutnya.

Hal itu disampaikan Pj Bupati ketika membuka kegiatan Grand Final Lomba Tari Klasik Sunda Jawa Barat Tingkat Nasional Tahun 2022, di Graha Pariwisata, Kecamatan Cikarang Timur, Minggu (21/8).

Dani mengharapkan  tari khas itu bisa tetap dilestarikan sebagai rasa cinta terhadap seni budaya. Meskipun terkenal sebagai kawasan industri, tetapi budaya yang ada di Kabupaten Bekasi cukup unik karena terdiri dari budaya sunda, betawi, bahkan jawa yang secara beriringan dapat berjalan.

“Kabupaten Bekasi budayanya unik, karena sunda ada tapi betawi juga dominan. Jadi acara-acara di Kabupaten Bekasi ada yang nuansa sunda, betawi, dan ada juga jawa,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi katanya, akan terus mendukung dan memfasilitasi upaya pelestarian seni budaya untuk membangun bangsa.Pemerintah juga perlu menyediakan ruang dan kesempatan bagi generasi muda untuk belajar seni budaya.

“Kami siap untuk menjadi fasilitator karena untuk membangun bangsa tidak hanya berupa fisik, tapi harus menyediakan ruang dan kesempatan generasi muda untuk belajar seni budaya,” tuturnya.

Lomba Tari Klasik Sunda Jawa Barat Tingkat Nasional Tahun 2022, diselenggarakan Sanggar Seni Kusuma Kabupaten Bekasi, bekerja sama dengan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Universitas Pendidikan Indonesia. (***)

 

Komentar