Warga Cempaka Putih Barat dan Rawasari Sudah Punya Septic Tank

Umum457 Dilihat

BeTimes.id -Warga Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat mengaku senang dengan dibangunnya septic tank komunal, karena selama ini buang hajat langsung ke saluran.

“Alhamdulillah kami bersyukur setelah menunggu lama, akhirnya bisa memiliki septic tank. Kami jadi hidup lebih bersih dan lebih sehat, “ ucap ketua Rt. 05/09 Kelurahan Cempaka Putih Barat, Susanti, Kamis ( 8/12 ).

Ia menuturkan, sudah lama warga menantikan pembangunan septic tank, karena hampir 10 tahun warga buang air besar (BAB) langsung ke saluran air. Apalagi daerah ini termasuk daerah padat penduduk sehingga sejumlah rumah tidak memilik septic tank, jelas Susan.

“Makanya warga sangat senang sekali dibuatkan septic tank, sebab selama 10 tahun mereka tidak punya septic tank, “ ujarnya

Lurah Rawasari yang juga Plt Lurah Cempaka Putih Barat, Muhammad Arief Biki menjelaskan di wilayah Rt.005/09 Kelurahan Cempaka Putih Barat ada 15 Kepala Keluarga (KK) tidak memiliki septic tank. Mereka selama ini buang air besar (BAB) langsung ke saluran air.

Lebih lanjut Biki mengatakan, pembangunan septic tank Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air ini merupakan program Baznas Bazis DKI Jakarta yang pekerjaan sudah dimulai sejak tanggal 2 Desember 2022, dan ditargetkan akhir Desember 2022 sudah selesai.

Pembangunan septic tank itu sendiri dilakukan di dalam rumah warga. Seperti di Rt.005/09 Kelurahan Cempaka Putih Barat, pembuatan septi tanknya di rumah ibu Rt.005, yakni Ibu Susanti

Selain itu juga, pembangunan septic tank dilakukan di Rt.002/01 dan Rt.07/04 dengan jumlah jiwa masing-masing sebanyak 25 orang dan 10 orang. Pembangunan septic tanknya dilakukan di halaman rumah warga sendiri.

Lurah berharap, dengan adanya septic tank komunal ini, maka sanitasi akan lebih terkendali, sehingga kualitas hidup dan produktivitas masyarakat dapat lebih meningkat, tambanya. (Ralian)

Komentar