Dani Ramdan Buka Acara Bahtsul Masail Basnas

Umum320 Dilihat

 Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, membuka secara resmi acara Bahtsul Masail

BeTimes.id- Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, membuka acara Bahtsul Masail Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Bekasi bersama LBM Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bekasi, di Aula Kantor Baznas Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Selasa (13/10).

Dua topik yang dibahas dalam acara itu,  yakni Zakat Infaq dan Sodaqoh(ZIS) dari keuntungan pemenang tender dan penyaluran dana CSR perusahaan di Kabupaten Bekasi ke kota atau kabupaten lain. “Topik yang baru dan belum pernah didiskusikan,  sangat menarik, dan kami hadirkan juga dari Kabag pengadaan barang dan jasanya juga, bersama para kiyai, untuk membahas tentang itu,” kata Dani Ramdan. 

Terkait dana CSR, Dani Ramdan mengatakan hal itu merupakan kewajiban perusahaan. Tapi banyak diantaranya disalurkan ke daerah luar Kabupaten Bekasi, sehingga perlu diskusikan dari sisi syariah. 

Dani mengatakan, apapun nanti hasil diskusi ini, akan menjadi rujukan atau rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Ya, misalnya perlu ada peraturan, apakah Perda atau Peraturan Bupati (Perbup) untuk tindak lanjutnya. Atau cukup dengan himbauan, kami akan menunggu hasil dari Bahtsul Masail ini,” terangnya. 

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Samsul Bahri, mengatakan, Bahtsul Masail ini adalah tradisi organisasi Nahdlatul ulama yang fungsinya untuk membahas atau mencari penyelesaian permasalahan aktual di tengah masyarakat untuk kepentingan umat.

“Bahtsul Masail ini diharapkan bisa memberikan jawaban dari sisi syariahnya. Nanti hasilnya akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk bisa menjadi suatu rekomendasi atau rujukan lebih lanjut,” katanya. 

Samsul menambahkan, meskipun Bahtsul Masail ini diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Bekasi dengan menggandeng Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PCNU Kabupaten Bekasi, namun forum tersebut bersifat independen dan murni kajian fikih. 

“Bagi Basnaz, forum ini adalah sebuah ikhtiar bahwa kami ingin mengoptimalkan potensi-potensi zakat infaq shadaqoh di Kabupaten Bekasi ini,” ujarnya.(***)

Komentar