Puluhan Pohon Rawan Tumbang di Kemayoran Dipangkas

Peristiwa498 Dilihat

Petugas PJLP Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran melakukan pemotongan atau penopingan pohon. (Ist)

BeTimes.id- Satuan Tugas (Satgas) Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, melakukan ppemangkasan sebanyak 89 pohon sejak Januari hingga awal Maret 2023 ini.

Kepala Satuan Pelaksana ( Ka.Satpel ) Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran, Jayadi mengatakan, guna mengantisipasi pohon tumbang saat hujan lebat, pihaknya melakukan pemangkasan terhadap pohon yang rimbun serta menutupi Penerangan Jalan Umum (PJU) atau menjuntai di kabel utilitas.

Ia menuturkan, lokasi pemangkasan pohon yakni di Jalan Ketapang Kelurahan Kebon Kosong dan Jalan Kampung Irian Kelurahan Serdang dengan menerjunkan tim bajing loncat sebanyak 7 orang Satgas Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan kemayoran.

Titik lokasi pemangkasan yaitu di ruang terbuka hijau dan jalur hijau, hal ini guna memberi kenyaman bagi warga di jalan, ujar Jayadi, Kamis (9/3).

“Sekitar 89 pohon yang dipangkas terdiri pohon angsana, pohon beringin, pohon trembesi, pohon mahoni, pohon karet kebo dan pohon golongan biasa. Sedangkan hasil pemangkasan tersebut di buang ke Srengseng Sawah, Jakarta Selatan,” ungkapnya.

Jayadi menjelaskan, program pemangkasan atau penopingan pohon tersebut dilaksanakan tim bajing loncat Pertamanan Kecamatan Kemayoran atas permintaan warga melalui Costumer Relationship Management ( CRM ).

Ditambahkan, selain melakukan pemangkasan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kondisi pohon, ini dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan dari pohon-pohon yang ada di wilayahnya.“Kami periksa kondisi kesehatan pohon, khususnya yang berlokasi di jalur hijau, “ tandasnya. (Ralian)

Komentar