Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Gelar Pasar Murah Bagi Warga KPM

Uncategorized195 Dilihat

BeTimes.id-Pepemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Perdagangan bekerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar  Pasar Murah di tiga kecamatan yang menjadi sasaran pendistribusian bantuan paket sembako di daerah ini, di Kantor Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung, Selasa (11/4).

Kepala Bidang Pengendalian Barang Pokok dan Penting pada Dinas Perdagangan, Helmi Yenti mengatakan,  Pasar Murah untuk menstabilitaskan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok dan untuk membantu sasaran dengan kategori rumah tangga miskin menjelang Lebaran,” ucap Helmi.

Pasar Murah tersebut merupakan subsidi kebutuhan bahan pokok berupa beras seberat 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, dan tepung terigu 2 kg, sebagai upaya mengendalikan inflasi dengan menyiapkan sembako murah untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Harga sebesar  Rp. 85.500, sudah disubsidi memangkas Rp. 79.650 rupiah. Sebab, harga normalnya Rp. 165.140  yang anggarannya dari Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat. 

Sekitar  400 warga datang ke Kantor Desa Kertamukti untuk mendapatkan paket sembako Pasar Murah yang digelar Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi.

Camat Cibitung, Encun Sunarto menambahkan, dengan digelarnya Pasar Murah yang sasarannya adalah masyarakat yang masuk dalam kategori Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kertamukti cukup membantu masyarakat. Terlebih pada Bulan Puasa seperti ini hingga menjelang Lebaran kebutuhan masyarakat semakin meningkat.

“Tentu ini sangat membantu untuk menstimulan daya beli masyarakat melalui subsidi kebutuhan bahan pokok yang premium dengan harga yang sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Masyarakat dalam hal ini mendapatkan subsidi sebesar 76 persen dari harga normalnya,” kata Encun.

Dirinya juga menyampaikan, melalui upaya yang dilakukan pemerintah daerah bersama dengan pemerintah provinsi, diharapkan dapat menjaga KPM dari lonjakan kenaikan harga yang bisa saja terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Harapannya harga-harga kebutuhan pokok ini bisa stabil, sehingga dapat kembali menggairahkan daya beli masyarakat pasca pandemi ini. Namun apabila terjadi kenaikan maka upaya inilah yang akan sangat terasa bagi masyarakat yang masuk sebagai sasaran subsidi,” katanya.

Kepala Desa Kertamukti, Chrisna menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya Pasar Murah yang menjadikan desanya sebagai lokasi sasaran distribusi. Hal itu dirasa sangat membantu khususnya bagi Pemerintah Desa Kertamukti dalam menjaga masyarakatnya untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangku.

“Meskipun jumlah sasaran di Desa Kertamukti lebih dari 400 namun kita prioritaskan terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan. Dan Alhamdulillah masyarakat sangat senang dan antusias. (***)

Komentar