Dinas Ketapang Kabupaten Bekasi Gelar Pasar Pangan Murah

Bisnis167 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Menghadiri Gebyar Pangan Murah Tahun 2023 Bersama Dinas ketahanan Pangan Di Ruang rapat Kantor Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah

BeTimes.id- Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masyarakat, pemerintah perlu menggelar Pasar Pangan Murah untuk mensubsidi bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangkau.

Hal itu dikatakannya, ketika Pasar Pangan Murah yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi  dengan menyasar daerah-daerah yang masuk kategori rawan pangan.

 “Jadi masyarakat bisa membeli bahan pangan  jauh di bawahi harga pasar.  Dan yang diprioritaskan ke masyarakat yang kurang mampu,” ujar Dani Ramdan, seusai menyerahkan simbolis bantuan paket sembako bersubsidi dalam Gelar Pasar Pangan Murah di Kantor Desa Sindangmulya , Rabu (12/04).

“Bagi masyarakat tentu ini bisa terpenuhi kebutuhan pangannya, karena menjelang lebaran seperti ini bahan-bahan pokok biasanya mengalami kenaikan harga. Dengan operasi pasar seperti ini, apalagi ini sangat murah masyarakat pasti terbantu, mereka juga bisa menghemat uangnya, bisa untuk keperluan yang lain,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Abdur Rofiq menambahkan, dalam rangka Gelar Pasar Pangan Murah ini pihaknya menyiapkan sebanyak 3.750 paket sembako bersubsidi yang tersebar di sembilan desa dari delapan kecamatan se – Kabupaten Bekasi yang menjadi sasaran dari kegiatan tersebut.

Paket tersebut diberikan kepada 3.750 KK yang ada di Kabupaten Bekasi. Dengan jumlah barang diantaranya, Beras Premiun 5 kg, Tepung Terigu 1 kg, Mie Instan, Gula Pasir 1 kg, Minyak Sayur 1 kg, dan telur ayam 500 gram.

“Namun masyarakat hanya mengeluarkan uang membeli paket Sembako ini dengan harga Rp. 32.500 rupiah saja dari harga normal sekitar Rp. 133.500 rupiah,” jelas Abdur Rofiq.

Dia juga menjelaskan, dalam menentukan target sasaran subsidi bahan-bahan kebutuhan pokok dalam kegiatan tersebut. Pihaknya mengacu kepada data Food Security and Vulnerability Atlas (FsVA) atau Peta Kerawanan dan Keamanan Pangan yang ada pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi.

“Untuk indikator sasarannya berdasarkan FsVA, jadi kami ada program dalam bentuk peta rawan pangan di Kabupaten Bekasi. Itu menghasilkan prioritas 1, 2 dan 3, kebetulan di kami tidak ada prioritas 1, hanya ada prioritas 2 dan 3. Makanya bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan, kami bagi ke desa prioritas 2 dulu,” kata dia.

Dia juga menjelaskan, yang dimaksud kategori prioritas 1 adalah wilayah yang paling rentan dan harus banyak diintervensi dari pemerintah.  “Kebetulan kami tidak ada prioritas 1, kalau tahun lalu ada. Tapi karena kami intervensi melalui kegiatan-kegiatan, maka sekarang tidak ada lagi,” terangnya.

Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani mewakili warganya menghaturkan rasa terima kasihnya atas bantuan subsidi paket sembako yang diterima oleh warganya. Sehingga, kata Selpia, masyarakat di desanya yang masuk dalam kategori rawan pangan atau kurang mampu merasa terbantu dengan program tersebut.

“Alhamdulillah hari ini 400 Kepala Keluarga dari Desa Sindangmulya mendapatkan bantuan subsidi paket kebutuhan pokok yang diberikan oleh pemerintah daerah yang jauh lebih murah dari harga pasar. Tentunya ini sangat membantu khususnya untuk membantu ketersediaan kebutuhan pokok mereka menjelang lebaran,” tambah Selpia.

Dia juga menyampaikan, bahwa melalui kegiatan tersebut masyarakat begitu antusias untuk datang dan mengantre secara tertib untuk mendapatkan bantuan subsidi paket sembako tersebut.

“Dari 400 penerima bantuan subsidi ini memang dikhususkan kepada warga yang kurang mampu, diluar dari keluarga yang mendapatkan bantuan program lainnya seperti BPNT, PKH dan lain-lainnya,” ujarnya.

Adapun kegiatan Gelar Pasar Pangan Murah dilakukan serentak yang tersebar di antaranya, Desa Samudra Jaya Kecamatan Tarumajaya, Desa Karang Indah Kecamatan Bojongmangu, Desa Sariamur Kecamatan Tambun Utara, Desa Sukasejati dan Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Karangmekar Kecamatan Kedungwaringin, Desa Karangsatu Kecamatan Karangbahagia, Desa Buni bakti Kecamatan Babelan, Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah.(***)

Komentar