Kongres XII GAMKI di Ambon, Willem Wandik Diyakini Akan Terpilih Kembali

Nasional520 Dilihat

BeTimes.id- Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) akan menggelar Kongreas XII, yang akan berlangsung dari 13-18 Mei 2023, di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Ketua dan Sekretaris Umum DPP GAMKI Periode 2003-2007, Sahat HMT Sinaga dan Nikson Gans Lalu mengapresiasi kepemimpinan Willem Wandik, selama memimpin GAMKI. Menurutnya, sosok Wandik layak untuk memimpin kembali organisasi kepemudaan Kristen itu.

“Saya mengapresiasi kepemimpinan beliau (Willem Wandik-red). Apalagi kongres GAMKI sampai saat ini bergulir dengan baik. Program GAMKI juga berjalan dengan baik, dan dirasakan diberbagai daerah,”kata Sahat Sinaga, dalam keterangan persnya, Jumat (5/5/2023).

Sahat HMT Sinaga (kanan) dan Nikson Gans Lalu. (Foto: Ralian)

Sahat juga optimis, Wandik akan mampu menghadirkan GAMKI di 500 kabupaten/kota. “Apalagi selama ini Wandik memimpin GAMKI dengan tulus,” tambah mantan Sekretaris Jenderal Partai Damai Sejahtera (PDS) itu.

Sebelum menjabat ketua umum, Wandik pernah menjadi bendahara umum di GAMKI di era kepemimpinan Michael Wattimena. “Jadi tidak ujug-ujug jadi ketua umum tapi berproses dulu lah, dan pernah menjadi pengurus di GAMKI biar berkesinambungan,”imbuh Sahat.

Sementara, Sekretaris Umum DPP GAMKI Periode 2003-2007 Nikson Gans Lalu mengingatkan, sebaiknya kepimpinan GAMKI dari dalam struktural. Nikson beralasan, agar kepemimpinan GAMKI berjalan berkesinambungan.

Nikson mengatakan, dua periode dalam kepemimpinan di GAMKI tidak masalah sepanjang pemilihan di organisasi ora et labora itu dijalankan secara demokratis.

“Sah-sah saja Wandik bila terpilih kembali. Asal tidak menciderai aturan-aturan oraganisasi, dan saya mengimbau agar menghindari money politik,”ucap Nikson.

Menurut Nikson, Wandik selama menjabat ketua umum di GAMKI mampu menjalankan organisasi kepemudaan Kristen dengan baik. Bahkan, lanjut Nikson, Wandik selama ini mampu menghadirkan GAMKI bagi pemuda gereja di seluruh Indonesia.

Kongres XII GAMKI yang akan digelar pada 13-18 Mei 2023, di Kota Ambon akan dibuka Presiden Joko Widodo, dan penutupan Kongres GAMKI yang akan dilakukan pada Kamis (18/5/2023) oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

“Saya berharap Kongres ini (Kongres GAMKI-red) dijalankan dengan kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah dan mufakat,”imbuh Menpora pemilik nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini.

Dito mengakui, Kemenpora ke depan lebih menfokuskan program OKP yang berbasis keagamaan. “Ke depan OKP akan menjadi laboratorium kepemimpinan, mencetak dokter, pengusaha, pengacara dan pemimpin muda. Tidak sekedar jago ‘ngolah’ atau lobby,”ujar Dito.

Sementara, Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik dalam pidatonya mengatakan, Umat Kristiani yang hidup dalam bingkai kebhinekaan, mengakui Pancasila dan UUD 1945 sebagai falsafah dasar kehidupan bernegara.

Menurut Wandik, tidak diragukan lagi Pancasila dan UUD 1945 menjadi pondasi nyata dan kuat terhadap cita-cita pendiri negara.

“Di masa lalu, ketika era penjajahan terjadi, umat Kristiani Indonesia menjadi salah satu pilar penting dalam perumusan cita-cita negara yang merdeka, dan ikut berkontribusi terhadap terwujudnya kemerdekaan tersebut,”ujarnya. (Ralian)

Komentar