Menpora Ajak GAMKI Koloborasi Tingkatkan SDM Pemuda

Nasional182 Dilihat

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memukul Tifa, alat musik khas daerah Maluku, sebagai tanda Kongres XII GAMKI dibuka, Studen Center, Kota Ambon, Minggu (14/4).

BeTimes.id-Peran pemuda sangat penting dalam pembangunan strategis nasional, karena itu pentingnya kehadiran organisasi kepemudaan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mengatakan 16-30 persen dari jumlah penduduk adalah pemuda.

“Mencapai sekitar 67 juta jiwa. Hampir 1/4 dari jumlah penduduk Indonesia adalah pemuda,” ucap Menpora Dito, di Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Studen Center, Ambon, Maluku, Minggu (14/5/2023) petang.

Dito mengakui, bahwa pemuda Indonesia didominasi generasi milineal dan generasi z. Selain Indonesia memiliki bonus demografi juga memiliki tantangan masalah pengangguran yang harus diatasi dengan baik, baik pemerintah.

“Pengangguran di tingkat pemuda sekitar 13,93 persen dari jumlah penduduk Indonesia, karena itu untuk mengatasi penggangguran maka dibutuhkan SDM yang cerdas, kreatif dan inovatif. Karena pemuda sebagai agen perubahan,”tuturnya.

Menurut Menpora, peran GAMKI dalam meningkatkan daya saing pemuda sangat penting. “GAMKI sebagai organisasi kepemudaan sangat kuat dan konsisten dalam pemberdayaan pemuda. Karena itu Kemenpora mengajak berkoloboratif berjuang bersama untuk potensi pemuda,”tambah Menpora.

Dito mengatakan, Kemenpora mendukung GAMKI dalam upaya akselerasi meningkatkan SDM pemuda.
“Kita akan koborasi aktif dan dinamis. Saya berharap kepetusan-keputusan Kongres bermanfaat untuk pemuda,”ujar Menpora.

Dito mengatakan, dirinya
hanya 1,5 tahun masa jabatan di Kemenpora. Namun, kolaborasi aktif dan dinamis dapat terus dilakukan.

Menpora berpesan, tahun ini
hingga 2024 adalah tahun politik, pilihan boleh beda, tetapi pemuda harus aktif, tidak boleh abai dalam partisipasi demokrasi.

“Tahun 2024 anak muda harus berpartisipasi dalam demokrasi, dengan tetap menjaga persatuan dari nilai-nilai Pancasila,” kata Menpora.

“Dan karena ini kongres yang akan menentukan keberlanjutan organisasi, saya berharap semoga Kongres XII GAMKI ini berjalan lancar, dingin, nyaman, dan damai,” tutupnya.

Menpora memukul Tifa, khas alat musik asal Maluku, sebagai tanda kongres dibuka. Hadir mendampingi pemukulan Tifa Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Michael Wattimena, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Merchy Ch Barends, Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Jacklevyn Fritz Manuputty.

Hadir dalam pembukaan Kongres, yakni Deputi I Kepala Staff Presiden (KSP) Febri Calvin Tetelepta, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Sekretaris MPO Johan Rontoknam, Anggota MPO Esther Telambanua, Ketua Umum DPP GAMKI periode 2007-2011 Dating Palembangan. (Ralian)

Komentar