Soal Dugaan Korupsi Alat Berat, Kastel Kejari Kota Bekasi Ditanya Perkembangan Jawabannya “Nyeleneh”

Hukum758 Dilihat

BeTimes.id — Kepala Seksi Intelijen Yadi Cahyadi, “nyeleneh” saat ditanya perkembangan penyelidikan dugaan korupsi proyek pengadaan excavator standar dan bulldozer pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi tahun anggaran 2021.

Sikap “nyelenehnya” terlihat ketika awak media menanyakan perkara tersebut sudah hampir satu tahun ditangani Kejaksaan Negeri Kejari Kota Bekasi, terkesan jalan ditempat.

“Kita bukan lembaga KPK yang khusus menangani korupsi. Kita kan banyak yang kita tangani,” kata Yadi Cahyadi kepada sejumlah awak media, Senin (15/5/2023).

Padahal Kejari Kota Bekasi terdapat bidang Pidana Khusus yang salah satu fungsinya ialah pemantauan, analisis, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan di bidang tindak pidana khusus.

Menurutnya, karena banyak pengaduan yang masuk ke Kejari Kota Bekasi. “Sampai saat ini masih berproses dan tidak dihentikan. Mohon bersabar ya, karena laporan yang masuk ke kita itu banyak sekali. Nanti akan kita sampaikan lagi kalau ada perkembangan,” ujar Yadi.

Dia mengakui, sejak dugaan korupsi ini diselidiki, pihaknya telah memanggil sejumlah pejabat Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, termasuk Yayan Yuliana mantan kepala Dinas LH.

Sekadar untuk diketahui, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya juga melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi yang sudah ditangani kejaksaan. Bahkan, pada 3 November 2022, Pejabat Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi diminta hadir untuk dimintai keterangan oleh penyelidik.

Pada surat pemanggilan, juga diminta untuk membawa dokumen lelang, dokumen kontrak, dokumen perencanaan, dokumen pembayaran, BAST serta dokumen lain yang ada kaitannya dengan tugas pokok dalam perkara dugaan korupsi dalam pengadaan tersebut.

Untuk diketahui, proyek pengadaan excavator standar dengan Kode RUP 27505499, memiliki pagu anggaran sebesar Rp13.650.000.000 dengan sumber dana dari APBD Pemerintah Kota Bekasi Tahun Anggaran 2021.

Sedangkan proyek pengadaan Buldozer dengan Kode RUP 27505145, memiliki pagu Rp9.286.000.000 dengan sumber dana yang sama.

Sebagai informasi, waktu pemilihan penyedia dan pemanfaatan barang/jasa kedua proyek tersebut, dilakukan dalam waktu yang bersamaan, yakni pada Juli 2021 dan September 2022. (tgm)

Komentar