Lingkungan Hidup Sehat Bagian Penting dari HAM Secara Global

Pemerintahan292 Dilihat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi  Syafri  Donny Sirait memberikan sosialisasi ke sejumlah perusahaan

BeTimes.id–Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi Syafri Donny Sirait mengatakan,  jika lingkungan hidup  sehat menjadi bagian penting dari hak asasi manusia (HAM) secara global. Dan setiap manusia berhak mendapat air dan udara segar.

Hal itu ditegaskannya ketika melakukan sosialisasi  ke sejumlah perusahaan yang tergabung di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, guna mengatisipasi pencemaran lingkungan. Peran perusahaan menjadi bagian yang penting agar mendukung tercipta lingkungan yang bersih dan sehat di daerah ini.

Pihaknya telah mengundang  sejumlah  perusahaan yang tergabung di Apindo Kabupaten Bekasi, bertujuan menjelaskan tentang tata cara pengelolaan dan pemantauan lingkungan serta monitoringnya,” ujar Syafri Donny Sirait, Jumat (25/8).

Mantan Kabag Hukum Pemkab Bekasi ini menjabarkan jika Kabupaten Bekasi dilalui 18 Sungai. Dari hasil uji lab,  rata-rata sungai tercemar limbah berat dan sedang.

“Ini  menjadi tanggungjawab  bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, sehingga  semua harus  bersama-sama menjaga  lingkungan dari berbagai dampak pencemaran yang terjadi selama ini,” tambahnya.

Donny juga menegaskan, dinas yang dikomandoinya serius mersepon adanya persoalan lingkungan yang terjadi di masyarakat. Bahkan terus berupaya melakukan penanganan semaksimal mungkin mengantisipasi pencemaran lingkungan.

Dikatakan, berbagai upaya dan langkah penanganan terus dilakukan. “ Dan kita ini juga bukan Supermen, bisa secepat kilat menyelesaikan kondisi yang terjadi  di daerah ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Persampahan, Mansur Sulaeman menambahkan, pihaknya sudah telah mensosialisasikan  dan menginformasikan agar semua perusahaan penghasil limbah (Non B3) membuat Surat Keterangan dan Izin Pembuangan Sampah ke TPA Burangkeng.

Ini sebagai upaya mengurangi tonjolan sampah liar, yang berserakan dimana- mana, tandasnya.(***)

Komentar