Balitbangda Kabupaten Bekasi Gelar I-TEX 2023

Pemerintahan197 Dilihat

BeTimes.id— Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi menggelar Inovasi dan Teknologi Expo (I-TEX) di Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawamukti Cikarang Timur, Senin (20/11).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, jika inovasi selalu mengalami perkembangan. Dan bisa melihat perkembangan inovasi dari tingkat SKPD sampai Sekolahan.

“Saya melihat di setiap stand ada perkembangan baru di tahun ini, dan diharapkan tahun mendatang akan ditemukan hal yang baru dan lebih menarik bahkan lebih berinovasi lagi,” katanya.

Dikatakan, para juara di ajang Inovasi dan Teknologi Expo itu mendapatkan perhatian.

Selain penghargaan, kedepan harus ada penghargaan inovasi yang sudah menjadi juara, kemudian bisa diberdayagunakan secara maksimal.

“Ya, harus dimanfaatkan yang menjadi juara ini sehingga apa yang kita sudah hasilkan atau pamerkan dan diberikan penghargaan tidak berhenti di sini saja, tapi terus dibina dengan optimal,” katanya.

Bagaimanapun, lanjut mendorong agar masing-masing perangkat daerah mencari inovasi agar menjadi solusi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat bahkan anak-anak sekolah.

“Ya, yang hari ini kita lombakan ada berbagai kategori, Mudah-mudahan dengan secara seperti itu menjadikan gandrung berinovasi, jadi ketemu masalah cari solusi melalui inovasi,” katanya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi Dwi Sigit Andrian menyampaikan, kegiatan seperti ini sudah digelar setiap setahun sekali.

“Jadi intinya kegiatan ini adalah memberikan motivasi dan apresiasi kepada perangkat daerah, UPTD serta SMA/SMK untuk terus berinovasi dibidang apapun,” katanya.

Sigit mengatakan, mereka berinovasi itu bukan hanya disaat lomba saja, melainkan inovasi bisa berkelanjutan untuk bermanfaat diri sendiri maupun masyarakat.

“Nantinya yang sudah mendapatkan juara inovasi, kami terus bimbing sampai dengan menghasilkan royalti, contohnya dari SMK, kedepan inovasi tersebut kita akan fasilitasi tetapi harus kita kaji dengan optimal agar bisa masuk di dunia insutri,” katanya.(***)

Komentar