Amankan Aksi Unras, Kapolres Metro Jakpus Akan Kerahkan 2.678 Personel

Hukum227 Dilihat

BeTimes.id–Kapolres Metro Jakarta Pusat (Jakpus), Kombes Susatyo Purnomo Condro mengemukakan, sebanyak 2.678 personel disiagakan untuk mengamankan aksi unjuk rasa (Unras) di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat hari ini.

Dikatakan, aparat keamanan melibatkan Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI Jakarta dan instansi terkait.

Menurutnya, para personel keamanan akan disebar di sekitar lokasi unjuk rasa. Mereka disebar untuk mencegah massa aksi masuk ke dalam area gedung DPR/MPR RI.

“Aksi unjuk rasa hari ini, sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan DPR/MPR RI,” kata Kombes Susatyo, Jumat (8/3).

Pihaknya sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas. Jika massa memblokade jalan, maka arus lalu lintas arah Slipi akan dialihkan, termasuk kendaraan di jalan tol.

“Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua.

Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi,” jelasnya.

Susatyo mengimbau massa aksi untuk menyampaikan aksinya sesuai aturan yang ada. Dia juga mewanti-wanti anggota yang bertugas untuk bertindak persuasif, tidak terprovokasi dan mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

Kapolres mengimbau, kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. “Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan lain yang akan melintas di depan Gedung DPR/MPR RI,” tandas Kombes Susatyo.

Seperti dikatahui di berbagai media sosial beredar flayer seruan aksi rakyat selamatkan NKRI yang akan digelar di gedung DPR RI, Jl. Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Para pengunjuk rasa melakukan demonstrasi dengan tuntutan Tri Tura, dengan agenda, yakni turunkan harga-harga sembakom BBM, listrik dan tol. tuntutan kedua, turunkan dan adili Jokowi. Tuntutan Ketiga,wujudkan & kawal hak angket Pilpres 2024.

Unjuk rasa para koalisi masyarakat sipil akan digelar seusai shalat Jumat, pukul 13.00. (Davin)

Komentar