Siapkan Personel dan URC Untuk Kelancaran Angkutan Lebaran

Pemerintahan45 Dilihat

R. Yana Suyatna.

BeTimes.id–Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi menyiapkan 144 personel dan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk membantu kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan bahwa jumlah pemudik tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan, dan harus diantisipasi semua daerah termasuk Kabupaten Bekasi.

Hal tersebut disampaikan Yana Suyatna, usai acara rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran tahun 2024 di Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara virtual, di Ruang Command Center, Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Minggu (31/3).

“Ya, Hari Selasa besok kita akan rapat koordinasi dengan kepolisian, dan kita sudah siapkan semuanya, seperti rest area, tempat istirahat para pemudik yang direncanakan di Gedung Juang Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya bersama Polres Metro Bekasi akan menyiapkan beberapa posko pengamanan arus mudik Lebaran yang tersebar di beberapa lokasi. 

“Adapun 5 posko pelayanan di jalur pantura, kemudian 2 posko di Jalur Kalimalang serta 2 posko di gerbang tol sebagai jalur padat keluar masuk kendaraan,” ujarnya.

Dishub Kabupaten Bekasi menyiapkan unit reaksi cepat untuk mengurai kepadatan kendaraan pada saat arus mudik lebaran. 

“Unit reaksi cepat dari Dishub untuk mengurai titik-titik kemacetan kendaraan, dan  akan menutup beberapa u-turn (belokan) untuk kelancaran arus mudik,” ujarnya. 

Ia berpesan kepada masyarakat yang akan mudik agar diupayakan tidak menggunakan kendaraan roda dua selama masih ada fasilitas kendaraan yang lain.

“Ya, kami berpesan kepada masyarakat yang hendak mudik untuk menjaga keselamatan, siapkan fisik, istirahat ketika lelah, semoga lancar dan selamat sampai kampung halaman,” pungkasnya. (***)

Komentar