Kemenparekraf Gelar FPKTK dan Jejaring Destinasi Wisata di Taman Limo Jatiwangi

Bisnis113 Dilihat

BeTimes.id–Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Iyan Supriyatna mengapresiasi kegiatan Forum Peningkatan Kualitas Tata Kelola (FPKTK) dan Jejaring Destinasi Wisata di Kabupaten Bekasi yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, di Taman Limo Jatiwangi Cikarang, Senin (13/5).

Dikatakan, kegiatan tersebut sejalan dengan program Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi,  dalam menguatkan kapasitas terkait pengelolaan destinasi wisata kepada para pelaku wisata di daerah ini.

Pihaknya, menyambut baik kegiatan ini, karena memang masih banyak kekurangan dalam pengelolaan destinasi wisata. Para pengelola  bisa diberikan kiat-kiat atau cara memanage agar tempat wisata menjadi baik dan berkesinambungan.

Dikatakan, hadirnya narasumber dalam forum tersebut mengedukasi serta memberikan wawasan baru kepada peserta tentang tata kelola wisata yang baik agar mampu menarik minat wisatawan sehingga turut mendongkrak perekonomian masyarakat disekitar.

“Evaluasi sejauh ini memang kalau untuk tata kelola destinasi wisata kita masih mendasar, belum begitu profesional. Dengan adanya kegiatan ini saya berupaya supaya itu ditingkatkan profesionalitasnya,” ungkapnya.

Dalam setiap penyelenggaraan forum pengelolaan destinasi wisata, pihaknya selalu meminta masukan dari bawah terkait kebutuhan yang dapat dilaksanakan.

“Kita kerjakan dari usulan  tentang anggaran atau kolaborasi dengan pihak lain kita coba fasilitasi,” lanjutnya.

Hal senada dikatakan Ketua Komisi X DPR-RI H. Saiful Huda, ekosistem pariwisata kedepannya harus tercipta dengan baik. Koordinasi lintas sektoral harus terjalin dengan baik termasuk di Kabupaten Bekasi.

Ia melihat, wisata industri yang ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi merupakan destinasi wisata yang baik karena berbasis potensi yang ada diwilayahnya. Hal tersebut merupakan potensi besar yang perlu dikembangkan kedepannya.

“Setahu saya, teman-teman di Dinas Pariwisara sudah mengambil insiatif untuk terus mendorong penguatan, pengembangan, penyelenggaraan wisata dikita. Khusus untuk wisata industri kita ingin ini bisa dibranding dengan baik lalu bisa melibatkan banyak pihak supaya betul-betul ada percepatan wisatawan bisa menikmati wisata industri di Kabupaten Bekasi,” tutupnya.(***)

Komentar