Perbaikan Jembatan Cipamingkis di Cibarusah, Dimulai

Pemerintahan75 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan membuka acara Groundbreaking Pembangunan Jembatan Cipamingkis

BeTimes.id– Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan pelaksanakan Groundbreaking perbaikan pembangunan Jembatan Cipamingkis, Jumat (17/5) sekaligus dimulainya perbaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan antar Desa Cibarusah kota dengan Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah.

Dani Ramdan mengatakan, jika pengajuan perbaikan jembatan tersebut sudah dua tahun berjalan. Karena ada covid dan Pemilu, pembangunan jembatan tersebut mulai dilaksanakan dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

“Tahun ini kami sepakat dengan DPRD Kabupaten Bekasi untuk mengalokasikan perbaikan jembatan. Mudah mudahan tidak terlambat, kalau terlambat, khawatir diujung sana ambruk. Jadi kita usahakan akhir tahun ini usahakan,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Rencananya, untuk mencegah penurunan tanah longsor, tebing jembatan pada kedua sisi menjadi prioritas yang harus diperbaiki. Bahkan, Pemkab Bekasi juga sudah bersurat ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung, Cisadane untuk rekomendasi pembangunan turap penahan tebing rawan longsor di sepanjang sungai Cipamingkis.

“Oleh karena itu kita akan mengambil sikap akan meminta izin ataupun rekomendasi dari BBWS Ciliwung Cisadane, untuk kita tangani dari APBD Kabupaten Bekasi, karena kalau dibiarkan, bisa lebih merugikan masyarakat,” kata Dani Ramdan menambahkan.

Dani juga menyapaikan, untuk metode pembangunan jembatan, pengadaannya melalui e-katalog. Dengan begitu tidak lagi memilih penyedia dengan harga termurah, tetapi penyedia yang mampu memberikan jaminan pemeliharaan yang lebih panjang atau lama.

“Jadi tidak ada tender yang sifatnya banting harga. Kita tidak lagi memilih penyedia dengan harga termurah. Dengan asumsi kalau mereka siap melakukan pemeliharaan lebih lama berarti kualitasnya bagus, karena kalau dia bangun asal-asalan pasti akan singkat kadar kerusakannya,” katanya.

“Jadi kita akan tuntut untuk memperbaiki jembatan itu, dengan metode ini terbukti dipembangunan jalan lebih awet sehingga dengan pola seperti ini, anggaran kita lebih efisien,” tambahnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, berharap perbaikan jalan ini dapat merehabilitas pembangunan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Tujuannya agar konektivitas antara Desa Cibarusah Kota dan Desa Sirnajati berjalan dengan lancar.

“Tujuan dilaksanakannya perbaikan ini untuk merehabilitasi pembangunan yang sudah dilaksanakan sebelumnya agar konektivitas antara Desa Cibarusah Kota dan Desa Sirnajati tetap berjalan lancar,” tegasnya.(***)

Komentar