PARA Syndicate : Pilkada 2024, Ada Kecenderungan Presiden Jokowi Akan Cawe-Cawe

Politik205 Dilihat

BeTimes.id–Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo memprediksi potensi keburukan yang terjadi selama proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan tereplikasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti.

Ia menjelaskan tiga indikasi yang mengarah pada potensi tersebut. Pertama, ada kecenderungan Jokowi melakukan cawe-cawe di Pilkada melalui instrumentasi Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang berencana melanjutkan kerjasama politik hingga Pilkada.

Sebelumnya, lanjut Ari, KIM di Pilpres mengusung pasangan jagoan Jokowi, Prabowo-Gibran. Kerjasama ini membuat dinamika koalisi partai di Pilkada dalam banyak hal jadi terkondisikan.

“KIM akan tetap kompak. Ini bisa jadi kendaraan politik bagi Jokowi agar tetap memberi pengaruh, terutama setelah dirinya selesai jadi presiden Oktober nanti,” papar Ari, dalam diskusi PARA Syndicate bertajuk “Buruk Pilpres, Akankah Berlanjut di Pilkada?”, di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat, 21 Juni 2024.


Diskusi yang dipandu peneliti PARA Syndicate Lutfia Harizuandini, dihadiri pembicara Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, dan Koordinator TePI Indonesia Jeirry Sumampow.

Komentar