MPP Plasa Cibubur  Kota Bekasi Dibuka Awal Maret 2019

Peristiwa449 Dilihat

BeTimes.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan menambah  Mall Pelayanan Publik (MPP) di Plasa Cibubur. Awal Maret 2019, MPP ketiga itu akan dibuka. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya,  MPP sudah  dibuka di  Mall Bekasi Junction Bekasi Timur,  Atrium Pondok Gede.  Dua MPP itu, setiap hari dipadati masyarakat yang akan mengurus berbagai kepentingan perizinan dan administrasi kependudukan.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, sebelumnya mengatakan, ditargetkan setiap kecamatan, MPP akan dibuka secara bertahap. Lokasi MPP akan bekerjasama dengan pengelola mall. Dihatapkan, keberadaan MPP dapat mempermudah  pengurusan pelayanan dan perizinan tanpa harus ke kantor Wali Kota Bekasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi, Lintong Dianto Putra mengatakan keberadaan MPP memberikan alternatif lokasi pelayanan warga. MPP ketiga akan dibangun di Plasa Cibubur. Proses persiapan sudah  dilakukan sejak  November 2018.

“Awal Maret nanti kita buka,” ujarnya, Rabu (26/2/2019).

Di MPP itu, berbagai gerai pelayanan dilakukan diantaranya pelayanan catatan kependudukan, perizinan, pajak daerah, pembayaran tagihan PDAM, pembuatan kartu pencari kerja/kartu kuning, bahkan  pendaftaran haji.

Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga permohonan pembuatan paspor, juga dilayani. Lintong menyebutkan proses pembangunan MPP Plasa Cibubur kerjasama pihak pengelola dan pihak perusahaan dalam bentuk CSR dan bukan dari dana APBD Kota Bekasi.

Pembangunan gerai MPP  di Kota Bekasi  merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) serta Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 46 Tahun 2018 tentang MPP.

Adapun maksud dan tujuan MPP dan GPP ini sesuai dengan visi misi Pemkot Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan serta masuk dalam prioritas program 100 hari kerja Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi setelah dilantik untuk kedua periode  September 2018. (sht)

Komentar